Bekali Anak Pendidikan Seks, Gunakan Bahasa Sederhana

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Rabu 03 April 2013 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 03 196 785889 x4bIoqdIir.jpg Berbincang dengan anak (Foto: Google)

BANYAK orangtua merasa tabu untuk mengenalkan seks kepada anak di usia dini. Padahal, cara tersebut bisa menjadi upaya ampuh yang membentengi mereka di kemudian hari.

Ketimbang menutup-nutupi dan membiarkan anak mengetahui dari sumber di luar yang tak bertanggung jawab, mengapa tidak membekali anak dengan pendidikan seks sejak dini. Hal ini akan menjadi perisai bagi mereka untuk lebih bertanggung jawab dengan aset seksual yang mereka miliki untuk dipelihara dan dijaga sebaik mungkin. Jika Anda bingung memulainya, gunakan panduan berikut ini, seperti dilansir Parenting.

Usia 6-7 tahun: Jelaskan pemahaman dasar dari hubungan seksual di mana Anda dapat mengatakan bahwa Tuhan menciptakan tubuh pria dan wanita untuk dicocokkan satu sama lain layaknya potongan puzzle. Ketika penis dan vagina cocok bersama-sama, maka sperma layaknya kecebong yang  akan berenang-renang melalui penis dan sampailah ke sel teluar. Jelaskan pula mengenai seks secara sederhana, misalnya bahwa seks adalah salah satu cara pasangan suami-istri menunjukkan cinta satu sama lain.

Usia 8-9 tahun: Terangkan bahwa seks itu sangatlah penting. Anak di usia ini dapat menerima penjelasan dasar mengenai topik yang lebih luas termasuk pemerkosaan. Jelaskan pada mereka bahwa pemerkosaan ialah ketika seseorang memaksa orang lain melakukan hubungan seks dan itu merupakan perbuatan yang salah.

Usia 9-11 tahun: Pada usia ini akan terjadi perubahan selama masa pubertas. Untuk itu, bersiaplah mendiskusikan topik-topik seks terkait yang Anda lihat dalam berita.

Usia 12 tahun: Pada usia ini, anak-anak akan merumuskan nilai-nilai mereka sendiri. Karenanya, pantau dan kawal mereka dalam hal tersebut. Ingatlah untuk selalu memberikan konteks terbaik untuk dalam memberikan informasi kepada anak Anda. Hindarilah untuk tidak berlebihan memberikan informasi atau edukasi padanya atau Anda tidak akan dianggapnya.

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini