Share

Menyelam Ada Etikanya, Lho

Adhia Azkapradhani, Jurnalis · Minggu 07 April 2013 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 06 407 787373 y9B8eKqCLH.jpg Menyelam di Raja Ampat (Foto: Fitri/Okezone)

JAKARTA - Kegiatan menyelam memancing adrenalin tersendiri bagi para pelakonnya. Jangan salah, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut, tapi perlakukan dengan bijaksana.

Melihat ikan-ikan menari di balik terumbu karang yang indah serta deretan biota laut yang memesona menjadi pemandangan yang tersaji bagi para penyelam. Tak heran jika kini kegiatan menyelam semakin diminati, terlebih Indonesia memiliki 300 lebih spot diving yang menawarkan pesona berbeda.

Menyelam haruslah dilakukan secara bijaksana. Bila tidak, keindahan bawah laut yang seharusnya bisa dinikmati penyelam laut justru meninggalkan kerusakan. Oleh karena itu, setiap sepatutnya memahami terlebih dahulu etika menyelam.

"Etika dalam menyelam itu ada, misalnya kita enggak boleh sembarangan menginjak terumbu karang, enggak boleh memindahkan terumbu karang, apalagi untuk foto. Bahkan, sebenarnya kita tidak boleh menyentuhnya," kata Yovita Ayu Liwanuru, Miss Scuba Indonesia 2012, kepada Okezone ketika ditemui di Deep and Extreme Expo Indonesia 2013 di JCC.

Menurut Yovita, menyentuh terumbu karang bisa mengganggu kehidupan bawah laut. Menyelam bukan persoalan menikmati keindahan bawah laut saja, tetapi juga turut menjaga kelangsungan hidupnya. Bahkan, para fotografer bawah laut seharusnya sudah berlatih untuk tetap stabil selama menyelam dan berburu objek yang indah.

"Fotografer bawah laut sebaiknya berlatih buoyancy (mengapung-red) dulu agar tetap stabil selama mengambil foto di bawah laut. Jika tidak stabil, bisa saja mereka menendang batu karang," tuturnya.

Tak kalah penting, etika sebelum dan sesudah menyelam, misalnya tidak membuang sampah ke laut setelah menyantap makanan. Ada baiknya sampah-sampah tersebut dibawa kembali dan dibuang saat sudah menemukan tempat pembuangan sampah di darat.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini