Share

Seberapa Penting Punya Surat Izin Menyelam?

Adhia Azkapradhani, Jurnalis · Minggu 07 April 2013 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 06 407 787375 xyf6qQ8ice.jpg Kursus menyelam kini banyak bermunculan (Foto: Fitri/Okezone)

JAKARTA - Seperti mengendarai kendaraan di jalan raya, menyelam pun harus mengantongi izin. Ada beberapa alasan lisensi menyelam menjadi penting dimiliki.

Ternyata, setiap penyelam harus memiliki SIM alias Surat Izin Menyelam. Lisensi menyelam ini akan berhubungan dengan kedalaman air yang dapat diselami setiap penyelam. Hal ini tentunya akan berguna sekali saat Anda pergi ke daerah-daerah yang memiliki spot diving dengan kedalaman beragam.

"Penting banget karena wajib buat penyelam agar bisa lebih mengeksplor bawah laut Indonesia dan dunia," kata Miss Scuba Indonesia 2012, Yovita Ayu Liwanuru, kepada Okezone di Deep and Extreme Expo Indonesia 2013 di JCC, Jakarta.

Ada beberapa kelebihan bila Anda memiliki lisensi menyelam. Yang utama, tentu Anda dapat mengeksplorasi keindahan bawah laut lebih dalam lagi di setiap spot diving. Selain itu, lewat kursus yang diikuti untuk mendapatkan lisensi selam, Anda akan mendapatkan informasi mengenai aturan-aturan serta pengetahuan menyelam.

Lisensi selam sendiri memiliki beberapa tingkatan. Yang paling rendah adalah open water. Dengan lisensi ini, setiap penyelam dapat mengeksplorasi keindahan laut hingga kedalaman 18 meter. Sementara yang ingin mengeksplor lebih dalam laut Indonesia dan dunia dapat mengambil tingkat advance. Untuk lisensi tingkat ini, setiap penyelam dapat menikmati keindahan bahari hingga kedalaman 40 meter.

Saat ini, sudah cukup banyak klub yang menyediakan pelatihan menyelam untuk pemula. Bahkan, tak jarang klub-klub tersebut menyediakan kursus untuk mendapatkan lisensi menyelam.

Bagi Anda yang tertarik, di Deep and Extreme 2013, banyak stan yang menyediakan fasilitas kursus. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp5 juta untuk paket lengkap. Beberapa stan juga memberikan harga spesial bagi Anda yang mendaftar selama acara ini berlangsung.

Deep and Extreme Expo Indonesia 2013 menyuguhkan 138 stan, baik dari pemerintah maupun swasta untuk menawarkan promosi wisata petualangan. Pameran berlangsung mulai 4-7 April 2013 di JCC, dan buka mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Tiket masuknya seharga Rp20 ribu per orang per hari atau Rp50 ribu untuk tiket all event. Jika melakukan transaksi senilai Rp250 ribu, Anda berhak menukarkannya dengan kupon hadiah. Bagi pelajar dibebaskan biaya masuk.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini