Share

Ternyata, Tak Perlu Mahir Berenang Kalau Mau Diving

Adhia Azkapradhani, Jurnalis · Minggu 07 April 2013 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 06 407 787387 7ocXdFGel3.jpg Belajar menyelam sejak dini (Foto: Fitri/Okezone)

JAKARTA - Mereka yang takut menyelam beranggapan bahwa harus bisa berenang dahulu. Anggapan ini disangkal Miss Scuba Indonesia 2012 Yovita Ayu Liwanuru.

Dengan tegas, Yovita menyatakan bahwa tidak harus mahir berenang bila ingin menyelam. Pasalnya, menyelam dan berenang memiliki gerakan berbeda. Kemampuan berenang dibutuhkan hanya agar Anda mampu beradaptasi dengan air sehingga tidak panik saat menyelam.

"Yang penting mental harus berani, tenang, dan enggak panik. Dan, yang paling penting enggak takut air," katanya kepada Okezone di Deep and Extreme Expo Indonesia 2013 di JCC, Jakarta.

Bicara umur yang disarankan untuk bisa belajar menyelam, Yovita mengatakan sebaiknya sejak dini. Aktivitas wisata petualangan yang memerlukan banyak energi dan waktu sebaiknya dimulai sejak dini, termasuk menyelam. Apalagi, kegiatan ini kemudian didukung oleh indahnya pesona bawah laut Indonesia yang menunggu dieksplorasi.

"Sebenarnya bisa dimulai sedini mungkin. Lisensi untuk anak-anak itu sebenarnya ada, Junior Open Water untuk anak-anak usia 10-14 tahun. Tapi memang, masih jarang kalau di Indonesia," tambahnya.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk memulai menyelam. Bagi Anda yang berusia 17 tahun atau sedang duduk di bangku kuliah pun dapat berlatih dan mendapatkan Surat Izin Menyelam (SIM).

Usia muda menjadi masa yang paling aktif. Tak salah jika 2013 ini, Deep and Extreme Expo Indonesia mengambil tema "Students Love Adventure" karena dengan begitu, banyak generasi muda tertarik dengan wisata petualangan yang dapat dieksplorasi di Indonesia.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini