Tina Andrean Kemas Cheongsam Jadi Gaun Nikah Cantik

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2013 22:34 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 03 29 802056 vuCjHgSDY5.jpg Koleksi Tina Andrean (Foto: Ist)

DAHULU, cheongsam merupakan busana sehari-hari yang digunakan wanita Oriental. Seiring pergeseran zaman, cheogsam pun mulai tergusur dengan busana lain yang lebih modern.

Tina Andrean, desainer gaun pengantin yang telah 28 tahun berkarier di industri mode pun miris melihat nasib cheongsam yang kian ditinggalkan. Dia pun memutar otak guna mencipta kreasi cantik agar cheongsam tetap diminati dan lestari.

 

Kemasan gaun pengantik cantik dengan latar cheongsam jadi kreasi terbaru. Dengan potongan dan siluet yang modern, dia berhasil menciptakan cheongsam yang tak kalah pamor dengan kebaya sebagai busana pengantin.

 

"Cheongsam dulu merupakan gaun wanita untuk sehari-ahri atau untuk kerja. Bentuknya shape body, feminin tapi ada belahannya, sehingga leluasa untuk jongkok atau melangkah besar," katanya dalam konferensi pers di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2013).

 

Dalam tema The Emperor, Tina menawarkan 24 gaun pengantin dengan inspirasi cheongsam modern.

 

"Saya mengangkat cheongsam jadi gaun yang bisa dipakai pengantin pada acara resepsi. Gaun ini bisa berwarna emas sebagai lambang kaya atau kemewahan. Gaunnya sendiri ada yang berwarna merah, peach, dan lainnya," imbuhnya.

 

Selain memberikan sentuhan warna yang tak biasa, dia juga memberikan tawaran cutting yang menawan.

 

"Jadi, bagian belakangnya ada yang rendah, transparan, dan banyak menggunakan bahan lace, jacquard," katanya.

 

Kesan modern lain yang ditawarkan Tina ialah menggunakan permainan neckline di mana item itu bisa dilepas.

 

"Dalam keadaan terbuka jadi seperti bustier dan setelah dibuka langsung jadi gaun internasional. Saya juga bermain-main dengan rok bagian bawah yang dibentuk dengan guntingan tulle tumpuk, siluet-siluet di mana membuat tampilan berbeda. Jadi, cheongsam tak harus lurus, tapi bisa ada mermaid, semi A-line dan ballgown, ada juga di bagian atas dengan permainan bolero dan tangan," tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini