nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kultur Indonesia - Malaysia Tidak Berbeda

Bramantyo, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2013 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 05 17 407 808468 qpjoWLLe2H.jpg Keraton Solo (Foto: Ist)

SOLO – Masyarakat Malaysia memiliki asal usul dari Minangkabau, Bugis dan Jawa. Sehingga pada dasarnya kultur masyarakat Indonesia dengan masyarakat Malaysia tidaklah berbeda.

“Namun secara social politik, kedua negara berbeda,” ungkap dosen Academy of Malay Studies, University of Malaya, Malaysia, Prof Dr. Amri Marzali seusai Konferensi Internasional Pemberdayaan Pengetahuan Lokal untuk Percepatan Negara Berkesejahteraan, di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

Amri mengungkapkan bahwa nenek moyang orang Malaysia berasal dari suku Minangkabau, Jawa dan Bugis. Mereka datang sekitar tahun 1200 – 1500. Seperti halnya di kawasan Batu Pahat, Malaysia, ada tari Barong Ponorogo yang setiap tahun dipentaskan sebagai upacara adat.

“Ketiga suku itu sangat dominan, dan berpengaruh pada kehidupan social budaya di Malaysia. Waktu mereka merantau di Malaysia, mereka berbaur dengan bangsa lain terutama Arab dan India yang berbudaya Arab. Mereka membangun identitas menjadi Melayu Semenanjung,” jelasnya.

Kendati kultur Indonesia dan Malaysia tidak berbeda, namun, kata dosen Academy of Malay Studies, University of Malaya, kultur Malaysia banyak dipengaruhi India Islam dan Arab, contoh bahasa Melayu di Malaysia, bahasa-bahasanya terbentuk dari bahasa asing yang mengacu pada bahasa Arab. Sedang Indonesia mengacu pada bahasa Sansekerta.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini