Menuju Pusat Mode Dunia, Apa Saja yang Harus Dibenahi?

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2013 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 29 29 814593 hxcOSWjh57.jpg Irna Mutiara (Foto: dok Okezone)

INDUSTRI busana muslim memang menunjukkan gairah yang cukup besar. Bermunculannya desainer baru dan berusia muda menjadi sebuah kemajuan besar bagi industri ini.

Dengan potensi tersebut, cita-cita Indonesia menjadikan sebagat kiblat busana muslim pada 2020 bukanlah impian semata. Terbukti dari waktu ke waktu, kemajuan tersebut terlihat begitu menggairahkan.

 

Meski demikian, desainer Irna Mutiara melihat bahwa perlu ada pembenahan dalam berbagai hal agar langkah menuju mimpi besar tersebut mulus.

 

Yang sekarang ini ada harus ditata kembali semuanya. Bermunculannya pengusaha mode berusia muda itu merupakan sesuatu yang positif. Semangatnya harus diapresiasi. Tapi kita juga harus memperdalam ilmu dan perkaya pengalaman. Itu juga yang harus diperhatikan pemerintah,” tutur Irna, Ketua Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

 

Di luar hal tersebut, pekerjaan rumah lainnya yang perlu dilakukan ialah bagaimana para pelaku mode diberikan peluang usaha lebih besar.

 

“Misalnya saja diberikan kesempatan lebih luas ikut pameran dagang internasional untuk memelajari bagaimana pengalaman orang lain, di mana hal itu bisa jadi guru terbaik. Kita juga bisa melihat negara lain dalam mengembangkan fashion dan bisa mengadopsi sebagian dari apa yang mereka lakukan. Tentunya dengan adanya modifikasi dan menyesuaikan dengan kondisi kita,” sambungnya.

 

Hal yang tak kalah pentingnya memersiapkan desain khas yang menunjukkan identitas Indonesia. Dalam hal ini, menggunakan kekayaan negeri sendiri menjadi hal yang bisa dilakukan.

 

Kita bisa mengaplikasikan detail-detail tenun, batik, atau sulaman. Itu tugas pokoknya. Ketika industri fashion maju, jangan lupa bahwa kita punya pengrajin-pengrajin yang  juga harus diikutsertakan,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini