Cantiknya Kreasi Busana Muslim dari Tenun Donggala

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Senin 03 Juni 2013 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 03 29 816759 ARHow6eke7.jpg Koleksi Nieta Hidayani (Foto: Fika/Okezone)

TENUN memang kini sedang naik pamor. Apalagi tenun juga sudah banyak diaplikasikan menjadi berbagai produk fashion termasuk busana muslim.  

Hal ini pun terlihat pada beberapa peragaan busana di Indonesia Islamic Fashion Fair (IIFF) 2013. Salah satu desainer yang mengusung tenun adalah Nieta Hidayani. Dalam kesempatan tersebut, Nieta mengangkat tenun Donggala sebagai material tambahan dalam koleksinya.

 

"Inspirasi dari tenun Donggala, karena corak dan motifnya memiliki keragaman dan kekhasan serta mengandung nilai seni dan budaya," tutur Nieta Hidayani di IIFF 2013, JCC Senayan, Jakarta Selatan, Minggu, 2 Juni 2013.

 

Pada peragaan tersebut, warna-warna cerah dihadirkan pada busana muslim yang lebih cenderung untuk acara formal. Sementara motif tenun yang dihadirkan juga cukup beragam. Sebut saja seperti bunga mawar, anyelir, buya bomba subi kumbaja, bunga subi, dan kombinasi bunga subi dan bomba.

 

Namun sayangnya, tenun yang dihadirkan sekadar sebagai aksen pada busana yang bermaterikan sifon sutera saja. Padahal jika tenun dijadikan sebagai bahan utama, maka hal itu bisa menambah daya tarik lain. Apalagi, tenun Donggala diketahui memang memiliki keunikan tersendiri.

 

Selain itu, catatan penting lainnya yang perlu dijadikan evaluasi ialah pemenuhan unsur pokok dalam desain busana muslim. Sebab, dalam peragaan tersebut terlihat beberapa busana yang tidak sesuai dengan ketentuan. Dalam kreasinya, ada beberapa busana yang panjang bawahannya sebatas 3/8. Padahal, busana muslim yang seharusnya menutupi aurat dari ujung kaki ke kepala. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini