Saat Anak Ingin Pakai Baju Sendiri

Mom & Kiddie, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2013 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 11 196 820360 ZFuEt2UrfN.jpg Ajari anak pakai baju (Foto: Google)

LUCUNYA melihat gaya dan mimik wajah Vidy (2 tahun) ketika bolak-balik salah memasang kancing bajunya. Tak bosan-bosan, gadis cilik itu mematut-matut diri di depan cermin sambil tertawa-tawa.

Yup, walaupun sekadar coba-coba, biarkan si kecil berkreasi memakai bajunya sendiri, supaya ia terampil berpakaian dan terlatih mandiri sejak dini!

Penting mandiri

Menurut Athalia Sunaryo, M.Psi, Psi, menginjak usia batita anak biasanya menunjukkan minat untuk melakukan segala sesuatu bagi dirinya sendiri. Jika pada tahun pertama usia anak, orangtua yang melakukan segala sesuatu bagi dirinya. Pada tahun kedua, anak mulai mengembangkan keterampilan bantu diri (self-help skills) atau dengan kata lain belajar untuk lebih mandiri.

Melatih anak untuk mandiri sangat penting. Tidak ada orang dewasa sekalipun yang tiba-tiba bisa melakukan sesuatu secara mandiri jika tidak pernah berlatih ataupun diberi kesempatan untuk mencoba. Memberitahu anak cara-cara melakukan sesuatu juga akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Keterampilan bantu diri

Keterampilan bantu diri dapat diartikan sebagai keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengurus terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan pribadi. Perkembangan dari aktivitas bantu diri adalah proses yang bertahap, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Dari usia 12 bulan hingga 6 tahun, anak selayaknya melatih beragam keterampilan bantu diri ini. Hal-hal yang terkait dengan aktivitas bantu diri adalah makan, minum, menjaga kebersihan (cuci tangan, mandi, sikat gigi, ke toilet, menggunakan tisu), berpakaian, dan lain sebagainya.

Keterampilan bantu diri sangat penting karena anak akan menggunakannya untuk seumur hidup mereka. Ini adalah keterampilan dasar yang diperlukan untuk hidup.

Tanggung jawab

Saat anak sedang mengembangkan keinginan untuk mandiri dan melatih keterampilannya, ini adalah yang baik untuk menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak.

Namun terkadang orangtua beranggapan anak masih terlalu kecil untuk mandiri, sehingga terbiasa melakukan segala sesuatu untuk anak. Padahal banyak kejadian, pada saat anak sudah memasuki usia sekolah, orangtua yang justru kerepotan karena anak belum bisa mandiri.

Ingat, meskipun anak dapat berkembang dengan kecepatan yang berbeda, orangtua justru harus waspada jika anak tidak memperlihatkan kemampuan dan kemauan yang terkait dengan aktivitas bantu diri.

Manfaat

Secara khusus dalam belajar aktivitas bantu diri, ada banyak manfaat yang diperoleh anak, antara lain:

• Melatih koordinasi motorik (memasang atau melepaskan sesuatu)

• Melakukan perencanaan motorik (tahap-tahap memakai atau melepaskan pakaian)

• Menumbuhkan rasa percaya diri karena bisa melakukan sesuatu

• Melatih anak untuk mandiri

• Mengembangkan rasa tanggung jawab kepada anak (meletakkan pakaian kotor di tempatnya, menggantung jaket, mengembalikan sepatu, dan sebagainya). (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini