Agar Belajar Berpakaian Menyenangkan

Mom & Kiddie, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2013 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 11 196 820483 Vb4c0rplUO.jpg Ajari anak pakai baju (Foto: Google)

MENGAJARI anak untuk memakai baju sendiri memang dibutuhkan latihan khusus. Anda sebagai orangtua pun perlu bersabar melewati proses tersebut.

Ingin si kecil tertarik dan senang belajar memakai baju sendiri tanpa merasa dipaksa? Simak tip dan saran berikut, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

- Lakukan dalam situasi yang santai dan tidak terburu-buru. Berpakaian setelah mandi atau melepaskan pakaian sebelum mandi adalah waktu tepat untuk membicarakan mengenai pakaian dan cara mengenakannya.

- Berikan aktivitas yang sesuai dengan usia anak dan jangan memarahinya kalau ia gagal melakukan apa yang sedang dilatih. Ini adalah proses yang pastinya membutuhkan pengulangan berkali-kali untuk tiap keterampilan. Beri pujian saat ia berhasil ataupun ketika mau terus mencoba.

- Ajak anak mengenali berbagai jenis pakaian dan untuk bagian tubuh mana dipakai. Misalnya, celana itu dipakai di kaki, kaus untuk badan dan dimasukkan lewat kepala. Sepatu dan kaus kaki untuk kaki mungilnya. Topi untuk melindungi kepalanya dari panas. Jaket dipakai di luar kaus/rok/kemeja untuk menghangatkan tubuhnya. 

- Gunakan buku aktivitas (quiet activity books) yang dapat dibeli atau dibuat sendiri. Umumnya buku-buku seperti ini terbuat dari kain dan memberi aktivitas berbeda di tiap halaman. Anak bisa berlatih memasang dan melepas kancing, melepas suatu gambar yang direkatkan dengan velcro, memasang dengan kancing jepret, membuka resleting, ataupun mengikat tali pada gambar sepatu.

- Orangtua dapat membelikan anak boneka yang bisa dipakaikan baju. Ajarkan kepadanya cara memakaikan baju pada boneka. Misalnya mengancingkan baju boneka, menarik resletingnya, memasangkan kaus, dan sebagainya. Lebih mudah bagi anak untuk memahami tahap-tahap berpakaian pada tubuh boneka daripada langsung pada dirinya sendiri.

-Role play/pretend play juga dapat mendorong anak untuk mencoba memakai berbagai kostum. Anak usia batita senang berpakaian mengikuti orangtuanya. Ajak anak untuk berpura-pura memakai kemeja dan dasi seperti ayah yang hendak pergi bekerja, atau anak perempuan memakai rok yang serupa dengan ibunya. (ind)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini