Gara-Gara FTV, Pantai Pandawa Jadi Terkenal

Mutya Hanifah, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2013 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 18 407 823902 kSW8ATjiGH.jpg Pantai Pandawa, Bali (Foto: Mutya/Okezone)

JIMBARAN - Setiap pantai di Bali nampaknya tengah menunggu untuk ditemukan. Salah satunya Pantai Pandawa, pantai rahasia yang kini keberadaannya mulai diketahui wisatawan.

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dulu, pantai ini terkenal rahasia yang tersembunyi di balik tebing-tebing kapur tinggi. Namun kini, pantai rahasia ini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Pandawa tak lagi menjadi pantai rahasia. Menurut penduduk setempat, sejak sering menjadi lokasi syuting film televisi (FTV), pantai ini mulai ramai setiap harinya.

"Apalagi kalau matahari terbenam, ramai sekali," kata Novia, penduduk Desa Kutub, kepada Okezone di Jimbaran, Bali, belum lama ini.

Di satu sisi, ramainya pengunjung menambah penghasilan para penduduk Desa Kutuh yang bermatapencaharian petani rumput laut. Semakin banyak wisatawan yang membeli hasil budidaya rumput laut mereka yang dioleh menjadi es, jus, ataupun agar-agar.

Di sisi lain, Pantai Pandawa yang dulu eksotis dan sepi seperti kehilangan ruh mistisnya. Di depan pintu gerbang pantai sudah diberi tanda dari pemerintah setempat yang berisi imbauan untuk meminta izin bagi siapa saja yang ingin menggunakan pantai ini untuk tujuan komersial.

Petani rumput laut juga semakin sedikit di Desa Kutuh. Kabarnya, sebagian dari mereka ditarik untuk menjadi pekerja di vila-vila yang akan dibangun di sekitar tempat ini.

“Penghasilannya memang lebih besar daripada jadi petani rumput laut,” kata Juntri, seorang petani rumput laut.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini