Kenali Macam Obat Nyamuk

Mom & Kiddie, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2013 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 26 486 827908 qNHPkQFSvW.jpg Bayi terlelap (Foto: Google)

ADA berbagai macam obat nyamuk yang beredar di pasaran, mulai dari jenis krim, losion, gel, aerosol, atau semprotan, stiker, bentuk gelang dan sebagainya.

Berikut jenis, bahan, dan cara aman penggunaannya, sebagaimana dilansir Mom & Kiddie.  

 

Obat Nyamuk Bakar

 

Berbentuk spiral, umumnya berwarna hijau dengan bau khas. Jenis ini mengandung zat kimia sintetik aktif (metofletrin, allethrin, transflutrin, pralethrin, bioallethrin, esbiothrin). Selain sebagai repellent (nyamuk menghindar karena bau), jika diletakkan di ruangan tertutup nyamuk bisa mati, karena mengandung bahan semacam insektisida yaitu propoxur.

Tidak dianjurkan menggunakan obat nyamuk bakar sepanjang malam. Pemakaian obat nyamuk bakar ini sama sekali tidak direkomendasikan terutama anak yang berkecenderungan asma. Selain asapnya dapat menyebabkan pedih di mata, juga dapat menyebabkan batuk, sesak napas, alergi, dan sinusitis.

Lihat arah pergerakan udara di ruangan atau kamar saat memasang obat nyamuk bakar. Karena menghasilkan asap, maka penggunaannya harus dalam ruangan atau kamar dengan sirkulasi udara yang baik, jadi jangan di ruangan tertutup dan sangat tidak dianjurkan digunakan di dalam kamar ber-AC karena asapnya akan tetap berada di ruang tersebut. Bila menggunakan obat nyamuk ini, sebaiknya bakarlah kira-kira 6-8 jam sebelumnya, agar udara tidak langsung terhirup.

 

Obat Nyamuk Semprot

Obat nyamuk semprot kalengan (spray) atau aerosol.  Mengandung bahan aktif propoxur, d-allethrin, tetra metrin, d-fenotrin. Obat nyamuk jenis semprot memang lebih efektif membunuh banyak nyamuk dibanding obat nyamuk lainnya.

Sebenarnya efek yang diharapkan dari jenis semprot adalah membunuh nyamuk dan efek residu yang ditujukan untuk menghalau nyamuk. Sebaiknya penyemprotan dilakukan/diarahkan pada dinding atau gorden, BUKAN ke udara. Lakukan penyemprotan berkisar dua atau tiga jam sebelum anak masuk ruangan atau kamar tidur. Lebih baik lagi jika didiamkan lebih lama lagi. Setelah bau sudah tidak tercium, buka jendela – utamanya yang menggunakan ventilasi kawat anti nyamuk.

Hindari terkena bahan makanan atau benda yang bisa menyebabkan kontak langsung dengan kulit. Sebelum menyemprot usahakan menutup tempat makanan atau minuman, tutupi pakaian-pakaian yang di gantung, alasi tempat tidur dengan plastik agar racunnya tidak menempel pada kasur, bantal dan guling. Jangan menyemprotkan obat nyamuk saat anak sedang tidur!

Saat menyemprot, sebaiknya pendingin ruangan (AC) dimatikan terlebih dulu. Orang yang menyemprot sebaiknya menggunakan masker, supaya cairan yang disemprotkan tidak langsung terisap.

Dengan cara penyemprotan yang benar, obat nyamuk masih efektif selama dua-tiga hari. Jadi tidak perlu menyemprot obat nyamuk setiap hari.

 

Obat Nyamuk Cair

Obat nyamuk cair dimasukkan ke dalam alat semprot manual. Mengandung bahan aktif insektisida yaitu transflutrin. Meskipun dengan alat semprot manual, tetap kandungan bahan racunnya lebih tinggi. Gunakan lebih hati-hati jangan sampai cairannya terkena kulit atau terminum. 

 

Obat Nyamuk Oles

Pemberian obat nyamuk oles, bertujuan agar nyamuk tidak mau menempel ke kulit, jadi hanya untuk mengusir sementara saja. Namun, daya tahannya bergantung dari masing-masing produk (mulai dari 4-8 jam).

Obat nyamuk oles tersedia dalam bentuk krim dan losion. Kandungannya berupa DEET (diethyltoluamide), biasanya dicampur dengan senyawa tertentu yang mempunyai bau yang tidak disukai nyamuk. Losion anti nyamuk salah satu yang paling disukai, karena harganya terjangkau dan mudah ditemukan di tempat penjualan. Selain itu penggunaannya mudah dan praktis.

Kandungan pyrethroid dan diethytoluamide (DEET) pada losion anti nyamuk memang lebih aman ketimbang kandungan yang ada pada obat nyamuk semprot atau bakar, namun bukan berarti aman sama sekali. Obat nyamuk oles tetap bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Terutama bagi kulit sensitif dan bila dikenakan pada lipatan kulit. Dan, karena obat nyamuk jenis ini berisiko menyerap bahan aktif berlebihan melalui kulit, produk ini tidak dianjurkan digunakan pada anak di bawah usia 4 tahun.

Untuk anak usia 4 tahun ke atas, oleskan tipis-tipis saja. Tidak diperkenankan terlalu sering atau secara berulang-ulang dalam tenggang waktu cukup lama. Jika muncul keluhan, segera hentikan penggunaan. Lekas basuh kulit si kecil di bawah air mengalir. Hindari pemberian losion antinyamuk di daerah kulit sekitar mata, hidung dan mulut karena di masing-masing organ tubuh yang penting ini terdapat banyak kelenjar dan pembuluh darah halus. Segera mencuci tangan setelah mengoleskan losion tersebut.

 

Obat Nyamuk Elektrik

Obat antinyamuk elektrik mengandung bahan aktif d-allethrin yang merupakan golongan dari pyrethroid, metoflutrin, sifenotrin. Obat nyamuk ini menggunakan listrik sebagai medianya, sedangkan anti nyamuknya berbentuk cairan atau lempengan. Dengan bantuan listrik, maka cairan di dalam rangkaian alat tersebut diubah menjadi gas yang berperan mengusir nyamuk. Gas tersebut mengeluarkan aroma khas atau wewangian yang tidak disukai nyamuk.

Seperti halnya obat nyamuk bakar, obat nyamuk elektrik juga tidak dianjurkan digunakan sepanjang malam. Lebih baik dipasang beberapa jam menjelang anak tidur. Matikan segera setelah anak tidur. Kendati dalam dosis kecil, obat nyamuk jenis ini mengandung bahan aktif. Jadi, tetap saja berbahaya, terutama pada anak yang sensitif dan peka. Obat nyamuk elektrik tetap mengeluarkan asap, meski tak terlihat. Pada jenis ini juga diperlukan sirkulasi udara yang baik.

 

Raket Nyamuk Elektrik

Raket nyamuk merupakan salah satu piranti pembasmi nyamuk yang cukup efektif, ramah lingkungan dan tidak berbahaya karena tidak mengandung bahan kimia beracun.

 

Stiker Antinyamuk

Stiker antinyamuk bekerja dengan mengeluarkan aroma untuk mengusir nyamuk. Mengandung bahan dari bunga lavender dan minyak sereh (citronella oil). Cukup tempelkan plester pada pakaian atau objek lain yang dikehendaki, supaya nyamuk tidak mendekat (tidak perlu ditempelkan pada kulit). Untuk bayi dan anak-anak dapat ditempelkan pada baju, celana, selimut, dan sebagainya. Sedangkan untuk ruangan dapat ditempel pada meja, kursi, dinding, pintu, dan sebagainya. Kelebihannya tidak menetes dan tidak meninggalkan noda serta tidak berasap.

 

Gelang Antinyamuk

 

Berbentuk gelang yang dapat mencegah nyamuk atau serangga mendekat. Gelang anti nyamuk mengeluarkan aroma unik yang tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya - terbuat dari citronella oil (minyak sereh).

Bentuknya yang kecil dan ringan memudahkan untuk dibawa kemana saja, dapat digunakan kapan saja, serta aman (tidak mengandung bahan aktif kimia berbahaya).

(tty)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini