nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkawinan Bahagia, Ubah Topik Sebelum Anda Debat

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2013 12:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 07 02 196 830601

PARA ilmuwan menemukan bahwa rahasia pernikahan tahan lama mungkin sederhana, seperti mengubah subjek untuk menghindari pertengkaran. Jika pasangan muda sering mengatasi perselisihan dengan marah-marah, pasangan yang lebih tua menghindari konflik sama sekali dengan mengalihkan topik.
 

Penelitian mengatakan jika pengantin baru masih perlu bekerja mengatasi masalah mereka untuk mengidentifikasi tujuan bersama, seperti bagaimana membesarkan anak-anak.

Tapi pasangan yang lebih matang telah melewati fase berargumen dan memilih untuk fokus pada pengalaman yang lebih positif daripada mengungkit dan memanasi perselisihan lama.

 

Pimpinan penelitian, Dr. Sarah Holley mengatakan bahwa dari waktu ke waktu, baik suami maupun istri meningkatkan kecenderungan mereka untuk menunjukkan penghindaran selama konflik berlangsung. Studi ini menemukan bahwa ketika dihadapkan dengan topik yang membuat mereka berselisih, pasangan yang lebih tua lebih mungkin untuk mengubah subjek atau mengalihkan perhatian dari konflik tersebut.

 

Tim peneliti mengikuti 127 pasangan menikah berumur setengah baya dan sudah menikah jangka panjang selama 13 tahun. Peneliti memantau bagaimana mereka berkomunikasi ketika terjadi konflik pada berbagai topik, muali dari pekerjaan rumah tangga hingga keuangan.

 

Para peneliti juga merekam diskusi pasangan-pasangan tersebut, mencatat bagaimana mereka berkomunikasi ketika berbicara tentang berbagai isu yang ada. Menghindari atau mengabaikan ketidaksetujuan dianggap tidak sehat dalam suatu hubungan karena mencegah masalah dari cepat terselesaikan.

 

Hal ini terutama berlaku bagi pasangan muda, yang harus setuju pada keputusan bersama dalam pernikahan mereka, seperti memulai sebuah keluarga dan berapa banyak uang yang mereka keluarkan.

 

Tapi untuk pasangan yang lebih tua, yang sudah banyak melakukan keputusan besar dalam hubungan mereka, menghindar membantu memindahkan pembicaraan dari daerah “beracun” ke topik yang lebih netral atau menyenangkan.

 

Dr. Holley, asisten profesor psikologi di San Francisco State University, Amerika Serikat, menyarankan usia dan kematangan pasangan adalah kunci di balik perubahan dalam pendekatan konflik. Tapi itu juga bisa dipengaruhi oleh lamanya mereka berhubungan.

 

"Ini mungkin bahwa usia dan durasi perkawinan memainkan peran dalam peningkatan penghindaran,” ujar Holley, seperti dilansir Dailymail.

 

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa seiring bertambahnya usia, pasangan mengesampingkan argumen dan mencari pengalaman yang lebih positif. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family ini juga mengatakan, mungkin akan ada masalah jika salah satu pasangan secara konsisten mencoba menghindari membahas masalah yang ada.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini