Trik Aman Masak dengan Minyak Zaitun Ekstra Murni

Dewi Yanti, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2013 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 05 304 832406 kJjRnXvjBf.jpg (Foto:Sciencedaily)

SAAT ini ada banyak pilihan minyak yang bisa digunakan untuk memasak, mulai dari minyak yang terbuat dari kacang-kacangan, minyak sayur, ataupun dari hewani. Namun, masih jarang yang percaya jika minyak zaitun ekstra murni cocok untuk memasak dan memanggang kue.

Extra virgin olive oil (EVOO) atau minyak zaitun ekstra murni merupakan pilihan lemak yang sempurna untuk memasak. EVOO menambah rasa pada hidangan apapun sekaligus meningkatkan nilai gizi masakan.

Banyak chef berpikir bahwa minyak zaitun ekstra murni mudah terbakar, namun titik asap EVOO sekira 190 derajat Celsius (tergantung pada kadar asam lemak bebas), lebih tinggi dari titik asap minyak lain.

Yang terpenting dalam menggunakan EVOO adalah tidak memanaskan minyak melampaui titik asapnya karena dapat merusak minyak. Untuk menghindarinya, tuangkan minyak dalam panci dingin lalu panaskan panci dan minyak bersama-sama.

Jika minyak mulai berasap, buang dan mulai dari awal lagi. Jika Anda tetap menggunakannya, hasil masakan bisa berbahaya dan tidak aman dikonsumsi.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini