Dokter Kecil Award Kenalkan Dunia Kesehatan Sejak Dini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2013 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 19 482 839617 nKDOwoQxLB.jpg Dr Zaenal Abidin (Foto: Feri/Okezone)

MASALAH kesehatan saat ini semakin kompleks dengan persoalan lainnya yang terkait. Namun, tantangan masalah kesehatan bukan hanya berkutat pada isu baru karena isu-isu mendasar ternyata juga masih harus dihadapi, salah satunya pengenalan sejak dini masalah kesehatan.

Berdasarkan hal tersebut, maka IDI (Ikatan Dokter Indonesia) memiliki semangat untuk merevitalisasi sekaligus memperkuat Program Dokter Kecil.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Zaenal Abidin, MH, revitalisasi kegiatan Dokter Kecil ini dilakukan oleh IDI melalui penyelenggaraan Dokter Kecil Award 2013.

“Dokter Kecil Award merupakan program rutin Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) yang sudah dimulai sejak tahun 2008, dan sudah menghasilkan ratusan pionir-pionir dokter kecil di seluruh wilayah Indonesia,”ujar Dr. Zaenal Abidin, MH dalam Launching Program ‘Dokter Kecil Award’ di Sekretariat PB IDI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2013).

Selain itu, ia juga menambahkan, program ini juga terkait dengan program Hari Anak Indonesia dalam rangka menciptakan dokter-dokter kecil sebagai Sahabat Generasi Sehat Indonesia. Program dokter kecil hakikatnya adalah pengenalan sejak dini tantangan dan masalah dunia kesehatan, serta introduksi awal menumbuhkan perilaku dan cita-cita untuk berpartisipasi dalam menyehatkan masyarakat.

Program Dokter Kecil Award ini diharapkan dapat meinmbulkan keinginan sekolah-sekolah yang belum menjalankan program Dokter Kecil melalui Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk melaksanakannya, sehingga pada akhirnya komunitas yang peduli pada budaya hidup dan perilaku sehat sejak dini dapat semakin luas,” imbuh Dr. Zaenal Abidin, MH.

Sementara, peserta program “Dokter Kecil Award” ini berasal dari perwakilan seluruh IDI Wilayah di seluruh Indonesia. Program yang dimulai dari tanggal 3-5 Oktober 2013 akan mengkarantina dokter-dokter kecil perwakilan seluruh Indonesia. Puncaknya tanggal 6 Oktober 2013 akan dipilih pemenang utama yang akan memperebutkan Piala Bergilir Ibu Negara RI.

(ind)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini