Lewat Program Dokter Kecil, Anak Jadi Peduli Kesehatan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2013 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 19 482 839668 T0QdgcULch.jpg Dokter kecil (Foto; Google)

DALAM meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, upaya-upaya kesehatan secara komprehensif harus terus digalakkan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah upaya kesehatan promotif.

Upaya kesehatan ini menekankan pada pembelajaran kesehatan kepada masyarakat sebagai subjek sekaligus objek dalam menjaga dan memelihara kesehatannya.

Lebih spesifik, upayanya dengan memberikan pembelajaran kesehatan sejak usia dini, seperti pembelajaran bagi anak-anak usia sekolah tentang arti penting kesehatan melalui program dokter kecil yang sebelumnya memang sudah ada dari pemerintah dan melalui kegiatan ‘Dokter Kecil Award’,” ujar Dr. Soripada Mulia, Ketua Panita Dokter Kecil Award 2013 dalam Launching Program ‘Dokter Kecil Award’ di Sekretariat PB IDI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2013).

Lebih lanjut, Dr Mulia-biasa ia disapa- mengatakan, program ini akan memilih Dokter Kecil Terbaik yang diharapkan menjadi contoh atau teladan bagi teman sebayanya, “Dimana kriteria dan seleksinya berdasarkan Pengembangan Modul Pelatihan dan Kurikulum Dokter Kecil yang telah ada sebelumnya,” tambahnya.

Dokter Kecil Award 2013 ini sendiri dikatakan Dr. Mulia akan mengusung tema “Dokter Kecil Sahabat Generasi Sehat Indonesia”. Menurut Dr. Mulia, selain bertujuan menanamkan pemahaman dan kesadaran akan kesehatan sejak dini, kegiatan ini juga akan memilih dokter kecil terbaik menurut perspektif Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) yang nantinya mampu menunjukkan dan mempromosikan perilaku hidup sehat bagi teman-teman di sekolah dan lingkungannya.

“Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menggairahkan kembali dokter kecil di sekolah atau Unit Kesehatan Sekolah (UKS),” tutupnya.

(ind)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini