Dokter Kecil Diharapkan Jadi Teladan Terapkan PHBS

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2013 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 23 482 841009 DlFsr6rBxp.jpg Dokter kecil (Foto: Google)

DOKTER kecil yang diinisiasikan pemerintah merupakan program penting dalam mewujudkan generasi penerus yang berkualitas, penggerak hidup bersih dan sehat.

Melalui pendekatan "kelompok teman sebaya" yang memersiapkan peserta didik menjadi penggerak hidup bersih dan sehat, dokter kecil diharapkan bisa menjadi teladan dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungannya, termasuk sekolah dan keluarga.

Lebih lanjut, dokter kecil pun akan mendapatkan pembinaan yang tentunya sangat bermanfaat sebagai bekal mereka dalam menerapkan PHBS. Manfaat mengikuti pembinaan dokter kecil pun diakui dokter kecil dari SDN 08 Pondok Kopi, Farah. Ia merasa Dokter kecil merupakan kegiatan yang memiliki manfaat yang baik bagi dirinya.

"Aku merasa bangga dan senang menjadi dokter kecil. Sejak jadi dokter kecil, aku sering mengingatkan teman-teman, ayah, ibu, dan adik untuk tidak lupa cuci tangan menggunakan sabun agar sehat terus dan tidak gampang sakit,"ujar Farah dalam Press Conference Lifebuoy bertema "Mempersiapkan Anak Indonesia Menuju Generasi Emas" di Kidzania, Pacific Place, Jakarta Pusat, Senin 22 Juli 2013.

Sementara, guru Pembina SDN 08 Pondok Kopi, Supandi, menambahkan bahwa sehat itu merupakan hal penting. Kalau murid saya sehat, mereka bisa terus masuk sekolah dan tidak tertinggal materi pelajaran di kelasnya.

"Jadi, dengan adanya dokter kecil, penyampaian mengenai pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun di lingkungan sekolah dapat tersosialisasikan dengan baik, dan kami sebagai pengajar sangat terbantu,"tandasnya.

 

(ind)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini