Share

Agar Ketupat Tidak Cepat Benyek & Basi

Dewi Yanti, Okezone · Rabu 07 Agustus 2013 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 02 490 846800 pVZZ0CYPQ9.jpg (Foto:Vedd)

HALO Chef, saya Imah (33 tahun). Kenapa ya, Chef, kalau saya masak ketupat cepat basi atau pinggirannya benyek? Teknik memasak ketupat yang  benar bagaimana, Chef, apakah tergantung juga dengan jenis beras yang digunakan?

Imah-Bogor

Jawab:

Ketupat identik dengan Lebaran yang sering disajikan menemani opor ayam, sambal goreng ati, rendang, dan sebagainya. Daya tahan ketupat yang dimasak dengan benar bisa hingga tiga hari meskipun tidak dipanasi setiap hari, asalkan proses memasak dan penyimpanannya benar.

Untuk membuat ketupat dengan daya tahan maksimal dan tekstur bagus, gunakan beras berkualitas baik. Beras yang sudah direndam lalu dimasukkan ke dalam kulit ketupat hingga tiga perempat bagian. Jangan lebih hingga ¾ karena selain lebih keras, ketupat terlihat tidak menyatu sehingga akan mudah hambur saat dipotong-potong,. Jika takaran beras kurang, ketupat akan lembek dan tidak padat.

Setelah semua kulit ketupat diisi beras, selanjutnya rebus menggunakan panci besar dan semua bagiannya tertutupi air. Masak selama 6-8 jam di atas kompor atau bara api kayu bakar. Anda dapat menggunakan pressure cooker agar cepat matang, hanya saja daya tahannya akan kurang lama.

Pastikan untuk selalu menambahkan air setiap satu jam saat mulai surut dan jangan lupa untuk mengubah posisi ketupat, yang di bawah ditukarkan dengan yang di atas, agar matangnya merata. Jika ketupat dimasak kurang dari enam jam, meskipun dikatakan matang, daya tahannya sangat singkat, hanya sekira satu malam.

Ketupat yang telah matang selanjutnya dicuci dengan air di dalam ember besar, lalu dilap kering permukaannya dan digantung. Jika Anda langsung menggantung tanpa dicuci terlebih dahulu, ketupat akan mudah basi. Jika ingin disantap, cukup panasi yang ingin dimakan atau langsung disantap.

Heri Kusbianto

Cuisine Chef Hotel Aryaduta Prapatan

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini