Daun Salam Ampuh Usir Serangga dari Dapur

Dewi Yanti, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2013 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 14 304 849536 T11FSyeDdn.jpg (Foto:Thektchn)

DAUN salam sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah aroma. Namun, di luar manfaat tersebut, daun salam memiliki pula fungsi ajaib lainnya di dapur.

Biasanya daun salam digunakan dalam keadaan kering dan utuh pada masakan. Anda dapat menjumpai pada masakan Asia Tenggara untuk olahan daging, ikan, sayur, maupun nasi.

Di dapur, daun salam memiliki fungsi lain yang lebih bermanfaat. Daun salam dipercaya dapat mengusir serangga. Sebagian besar bangsa serangga, seperti kumbang, ngengat, kecoak, semut, dan lalat membenci aroma daun salam, seperti diulas Thekitchn.

Oleh karena itu, daun ini biasanya di tempatkan dalam wadah penyimpanan tepung, beras, dan bahan kering lainnya atau diletakkan begitu saja dalam lemari dan rak dapur. Tentu saja, meskipun Anda telah meletakkan wadah ini di dapur guna mencegah serangga, Anda harus tetap rutin membersihkan dapur dan menyimpan makanan di dalam wadah kedap udara untuk menjaga kualitasnya.

Sebaiknya ganti daun salam setiap beberapa bulan untuk menjaga ketajaman aromanya. Anda juga tidak perlu khawatir meskipun memiliki aroma kuat, daun salam tidak akan mempengaruhi rasa bahan makanan kering. Jika ragu, Anda cukup membubuhkan daun ke bagian dalam tutup wadah dibandingkan langsung menyimpannya di dalam makanan.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini