5 Cara Kurangi Penggunaan Minyak Goreng

Johan Sompotan, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2013 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 22 304 854056 CgdEufblti.jpg (Foto:fitsugar)

TERKADANG, Anda membutuhkan minyak untuk membuat sebuah hidangan. Meski demikian, perhatikan pemakaiannya agar tidak berlebihan, yang berujung pada risiko kesehatan.

 

Memasak dengan banyak minyak, jumlah kalori dalam tubuh menjadi taruhannya. Nah, bila ingin memasak dengan sedikit minyak, perhatikan trik berikut, seperti dilansir FitSugar:

 

Ikuti resep

Jika mengikuti resep dengan baik, hasilnya kemungkinan akan baik pula. Mungkin, Anda tak pernah menyadari betapa banyak minyak yang digunakan jika tidak memakai ukuran.

 

Gunakan panci anti lengket

Membakar daging serta menumis sayuran akan lebih mudah tanpa memakai minyak terlalu banyak. Ini bila Anda memiliki wajan antilengket berkualias baik. Pastikan Anda tidak menggunakan pada suhu terlalu panas, cukup di tingkat medium-high) untuk mencegah pelepasan zat dari lapisan wajan antilengket yang Anda gunakan.

 

Semprotkan

Untuk menambah sentuhan terakhir di piring, Anda bisa menyemprotkan minyak, bukan menuangkannya secara langsung.

 

Kukus atau rebus

Ingin membuat sayuran tumis dari brokoli, wortel, dan sayuran bertekstur keras lainnya? Ada baiknya Anda rebus atau kukus dulu sehingga Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menumisnya, bahkan bisa tanpa minyak.

 

Gunakan sedikit air

Beberapa sayuran berpori, seperti terong, harus dilakukan perendaman. Daripada menumisnya terlalu lama dalam banyak minyak, gunakan sedikit minyak dan tambahkan air. Kasih bumbu yang diperlukan agar tidak hambar ketika dimakan.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini