Yogyakarta Incar Wisatawan Thailand

Kuntadi, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2013 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 26 407 855618 r1kv1eDPU9.jpg Candi Borobudur, salah satu destinasi wisata budaya (Foto: daylife)

YOGYAKARTA - Pelaku pariwisata di Yogyakarta membidik wisatawan asal Thailand. Mereka menyasarnya lewat kegiatan Thailand International Travel Fair (TITF) ke-13.

Acara yang digelar di Queen Sirikit National Convention Centre pada 15-18 Agustus lalu ini diikuti perwakilan BP2KY, Asita (Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies), dan Taman wisata Candi. “Ini merupakan promosi kita kedua karena masyarakat Thailand memiliki potensi untuk dijadikan wisatawan ke Indonesia,” kata Direktur eksekutif Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Artin Wuryanti, baru-baru ini.

Artin menyebutkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang merilis jumlah wisatawan asal Negeri Gajah Putih tersebut ke Yogyakarta mengalalami peningkatan hingga 25,02 persen. Pada Mei lalu tercatat mencapai 9.838 orang, naik dari 7.869 orang pada Mei 2012. Hanya saja, wisatawan yang datang ke Yogyakarta harus transit di Jakarta ataupun Bali.

Mulai akhir pekan lalu hingga hari ini, pihaknya bekerjasama dengan stasiun televisi melakukan syuting wisata bersama pemenang kuis tentang pariwisata Yogyakarta. Tahun lalu, mereka syuting tiga episode tentang destinasi wisata Yogyakarta.

“Ini merupakan program berkesinambungan untuk lebih mengenalkan pariwisata kita,” jelasnya.

Ketua Asita DIY Edwin Ismedi Himna mengatakan bahwa Thailand merupakan destinasi wisata internasional yang bisa menjadi pintu gerbang promosi internasional Yogyakarta. Apalagi, setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan asal Thailand juga mengalami peningkatan.

“Wisatawan asal Thailand lebih tertarik dengan wisata candi dan situs purbakala, seperti ada ikatan sejarah spiritualitas keberadaan Budhist," tutur Edwin.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini