nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berburu Macaroni Panggang di Bogor

(koran Sindo), Jurnalis · Senin 02 September 2013 18:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 09 02 488 859495 rb4dCzDETb.jpg Macaroni panggang (Foto: kharismadw)

MAKARONI termasuk makanan terpopuler di berbagai negara di dunia, terutama Amerika. Protein tinggi terkandung dalam bahan dasar semolina yang berasal dari 100% durum wheat, jenis gandum khusus yang mengandung kadar gluten sangat tinggi.

Resep pertama makaroni diperkenalkan oleh Apicius pada abad-1. Pada abad-12 Guglielmo di Malavalle mengisahkan perjamuan pesta yang menyajikan “macarrones sen logana”, yaitu makaroni bersaus dalam pesta-pesta banquet.

Salah satu kafe yang menyajikan ragam makaroni adalah Macaroni Panggang (MP) di Bogor. Seperti namanya, di tempat ini, makaroni disajikan setelah terlebih dahulu dipanggang.

Makaroni yang dicampur dengan keju dipanggang lalu disajikan dalam kertas alumunium. Kelezatan makaroni ini membuat orang mampir ke tempat ini berkali-kali.

Kafe ini menempati bangunan bangunan tua berlantai dua. Tempatnya nyaman menyerupai rumah tinggal. Kita dapat makan di dalam rumah, di luar, atau di atas. Di bagian luar banyak terdapat tanaman sehingga suasana menjadi lebih asri.

Makaroni yang menjadi jagoan ini terbagi atas dua jenis, yaitu makaroni panggang biasa dan makaroni special. Untuk makaroni spesial, makaroni diisi jamur hioko dan smoked beef.

Tersedia pula tiga pilihan ukuran yang bisa kita pilih, mulai dari small, medium dan large. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp14.000 sampai Rp155.000. Tidak perlu menunggu lama menunggu pesanan karena rata-rata makaroni sudah matang dan dipajang di etalase.

Rasanya? Untuk yang medium biasa rasanya plain (tidak terasa bumbu merica ato garam), makaroni panjang hanya dicampur dengan susu dan telur, yang terasa agak menonjol hanya taburan keju di atasnya (agak banyak). Dan, ada aroma panggang bukan aroma karena dipanaskan di oven.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini