Segarnya Sari Kelapa, Bikin Sendiri Yuk!

Genie, Jurnalis · Minggu 15 September 2013 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 15 304 866237 cgLuRPaPwC.jpg Sari kelapa bisa menjadi bahan pembuat es campur (Foto: tempatonlineku)

SARI kelapa disantap begitu adanya dengan simple syrup alias air gula pasir. Ketahui cara pembuatannya, yuk!

Panas terik udara di luar, hawanya sampai ke dalam rumah hingga Anda tergoda untuk menyantap minuman segar dan dingin. Sari kelapa biasanya menjadi pilihan karena tersedia dalam kemasan siap makan saat Anda ingin membelinya.

Disantap begitu saja sudah enak, dengan tambahan air putih, bila tidak ingin terlalu manis, dan es batu. Sari kelapa juga nikmat bila menjadi tambahan bahan berbagai menu minuman segar, seperti es campur, es teler, dan sebagainya.

Kalau ada waktu senggang, bikin sendiri saja sari kelapa. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan, adalah air kelapa murni, gula pasir, ZA/urea, cuka biang, dan bibir sari kelapa. Simak langkah-langkahnya:

1. Air kelapa mentah disaring dan dimasukkan ke dalam dandang/panci ukuran 5 liter atau 20 liter. Masak sampai mendidih (100 derajat Celsius). Setelah itu, masukkan gula (panci ukuran 5 liter = gula pasir 250 gram, ZA 0,5 gram, dan cuka biang 50 cc. Sementara, panci ukuran 20 liter = 4x dari takaran bahan untuk panci ukuran 5 liter).

2. Tuangkan air kelapa yang sudah mendidih ke dalam baki plastik sekitar 1,2 liter. Pastikan bahwa plastik dalam keadaan bersih dan steril dari bakteri.

3. Baki plastik ditutup dengan kertas koran. Koran pun dalam keadaan steril dari bakteri yang akan mengganggu pertumbuhan seri kelapa (koran harus dijemur di bawah sinar matahari langsung).

4. Baki-baki ditutup rapat dan disusun di atas rak baki secara rapi dan ditiriskan sampai dingin untuk diberi bibit sari kelapa.

5. Pembibitan dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 05.30-06.30 dan hasil pembibitan ditutup kembali.

6. Baki hasil pembibitan tidak boleh terganggu apapun, tidak digoyang-goyang. Hasilnya baru bisa dilihat pada hari ke-3.

7. Baki hasil pembibitan dibiarkan selama satu minggu.

8. Hasil pembibitan baru dibuka pada hari ke-7.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini