nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Air Terjun Mistis, Konon Pusat Para Jin

Mutya Hanifah, Jurnalis · Rabu 18 September 2013 23:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 09 18 544 868199 U4HADAsFja.jpg Air Terjun Sri Gethuk (Foto: yogyatrip)

YOGYAKARTA dengan begitu kentalnya tradisi Jawa dan masih beredarnya legenda serta cerita rakyat di sana-sini. Salah satunya bisa Anda temukan di Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di daerah Gunungkidul, tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo.

Air Terjun Sri Gethuk juga disebut sebagai Air Terjun Slempret, ada juga yang menyebut Air Terjun Sompret. Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di Desa Bleberan. 

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, air terjun ini merupakan pusatnya para jin dengan pimpinan Jin Anggo Menduro. Kabarnya, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

Untuk mencapai air terjun ini ada dua cara. Pertama adalah menyusuri area persawahan. Sedangkan cara kedua adalah naik rakit sederhana menyusuri Sungai Oya. Untuk naik rakit ini Anda hanya perlu membayar Rp5.000 saja per orang.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini