Seni Rajah Tubuh Terpampang di Museum Tattoo

Mutya Hanifah, Jurnalis · Jum'at 20 September 2013 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 19 544 868830 6P0KaWnxtQ.jpg Museum Tattoo di Amsterdam, Belanda (Foto: amusingplanet)

AMSTERDAM, Belanda, memiliki banyak museum unik. Ibu Kota Belanda ini mempunyai dua Museum Seks, satu Museum Marijuana, juga museum-museum antic, seperti Rijksmuseum dan Museum Van Gogh.

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari AmusingPlanet:

Seni Rajah Tubuh Terpampang di Museum Tattoo

Museum Tattoo berisi koleksi-koleksi seni tato dari berbagai penjuru dunia, termasuk jarum yang digunakan, papan nama toko-toko tempat membuat tato, foto-foto, dan potongan tato dari tubuh manusia. Isi museum merupakan hasil dari pengumpulan selama tiga dekade oleh seniman tato terkenal, Henk Schiffmacher. Museum adalah museum pertama di dunia yang didedikasikan untuk karya seni tato.

Semua koleksi yang ada di museum ini adalah "artefak" tato yang berasal dari era prasejarah hingga tato-tato masa kini. Koleksi milik pribadi Schiffmacher adalah mesin pembuat tato miliknya, juga potongan kulit diawetkan berisi tato-tato yang pernah dibuatnya. Museum juga memiliki perpustakaan, toko buku, dan kafe.

Museum tato terletak di sebuah bangunan yang memiliki dua lantai; lantai satu berisi koleksi-koleksi tato sedangkan lantai dua adalah tempat pembuatan tato bagi pengunjung yang ingin "menggambar" tubuhnya dengan tato artistik. Yang akan membuat tato ini adalah sang pemilik museum sendiri, Henk Schiffmacher.

Schiffmacher berpikiran untuk membuat museum ini setelah selama 30 tahun ia mengumpulkan memorabilia terkait tato. Ia kemudian berangkat eskpedisi keliling dunia untuk memelajari tato dari seluruh dunia. Kini jumlah koleksinya sudah mencapai 60.000 buah. Museum baru dibuka awal November 2011 lalu, dan telah menarik 8.000 pengunjung dalam dua bulan pertamanya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini