Pertimbangkan Ini Sebelum Beli Minyak Goreng

Dewi Yanti, Jurnalis · Selasa 24 September 2013 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 24 304 870891 KCPJfHOuMS.jpg (Foto:Food52)

PERNAHKAH Anda melihat minyak menjadi berasap ketika dibiarkan sangat panas? Asap tersebut disebabkan panas minyak telah melebihi titik asapnya. Pentingkah mempertimbangkan titik asap minyak saat akan menggoreng?

Untuk menggoreng, pertimbangan utama yang harus Anda lakukan dalam menyeleksi minyak. Perhatikan titik asap dari minyak yang akan digunakan. Biasanya, harus lebih tinggi dari suhu penggorengan yang diminta dalam resep.

Sebelum Anda membeli minyak, simak dahulu ulasan dari Food52 berikut ini:

- Titik asap berkisar 95-205 derajat Celsius. Semakin sedikit proses yang dilalui minyak, seperti penekanan, penyaringan, dan pemurnian, maka titik asapnya semakin rendah. Minyak yang mengalami pemurnian biasanya lebih cocok digunakan memasak dengan suhu tinggi.

- Sebagian besar makanan yang digoreng membutuhkan titik asap 175 dan 205 derajat Celsius. Jika Anda memilih minyak dengan titik asap di atas 205 derajat Celsius, maka aman digunakan.

- Minyak yang mulai berasap pada akhirnya akan terbakar, tapi meskipun minyak berasap dan tidak menimbulkan nyala api, maka minyak akan kehilangan rasa dan manfaat potensial kesehatan yang dikandungnya.

- Anda tidak perlu termometer untuk memantau suhu minyak. Ketika panas, minyak akan mengeluarkan aroma, terlihat mengkilap, dan lebih encer dibandingkan pada saat dituangkan dari botol.

Ketika tanda-tanda tersebut mulai terlihat, itu berarti minyak mendekati titik asap dan sudah cukup panas untuk digunakan menggoreng. Suhu minyak otomatis menurun saat Anda memasukkan makanan dan mencegah minyak mencapai titik asapnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini