nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Sehat Menumis Bumbu

Dewi Yanti, Jurnalis · Rabu 25 September 2013 11:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 09 25 304 871526 gWdDuVlUCK.jpg (Foto:Littleleopardbook)

PAPRIKA, bawang bombay, ataupun bumbu halus sering kali ditumis terlebih dahulu untuk mengeluarkan aroma dan rasa lezatnya sebelum dicampur bersama sayuran ataupun daging. Teknik menumis menggunakan sedikit minyak di dalam wajan dengan api besar sehingga cepat coklat dan lembut.

Agar lebih sehat, bukan hanya penggunaan minyak harus dikurangi seminimal mungkin, jenis minyak goreng dan metode memasak juga harus diperhatikan. Berikut tips menumis lebih sehat, seperti diulas Livestrong:

Minyak goreng

Minyak goreng yang digunakan untuk menumis ada banyak macam, dari yang sehat hingga yang sebaliknya. Lemak jenuh, termasuk mentega, lemak babi, dan lemak padat berbasis hewan, serta lemak trans seperti margarine, tidak begitu sehat karena mengandung kolesterol dalam kadar tinggi.

Sebaiknya hindari menggunakan lemak jenuh untuk menumis sayuran dan pilih lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda untuk memasak dengan minyak nabati. Misalnya, minyak kanola dan minyak zaitun yang mengandung lemak sehat dan membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya.

Titik asap

Minyak goreng harus dipanaskan sebelum bumbu dimasukkan ke dalam wajan. Tujuannya untuk mencegah bumbu, seperti paprika dan bawang, terendam cairannya sendiri sehingga terlihat tidak seperti ditumis.

Berhati-hatilah karena beberapa jenis minyak goreng, seperti minyak jagung dan kenari, dapat melepaskan senyawa yang tidak sehat bahkan beracun ketika dipanaskan pada suhu tinggi. Sebaiknya gunakan minyak goreng dengan titik asap tinggi. Minyak zaitun ektra murni, kanola, dan minyak bunga matahari memiliki titik asap yang cukup tinggi dan aman digunakan untuk menumis.

Metode

Volume minyak goreng yang digunakan untuk menumis memberikan perbedaan jumlah kalori pada tumisan paprika dan bawang. Sebaiknya gunakan botol semprot bukan menuangkan minyak goreng langsung ke dalam wajan untuk mengurangi jumlah minyak yang dibutuhkan. Dengan ini, minyak juga mampu melapisi permukaan wajan secara merata.

Sebaiknya gunakan wajan antilengket untuk menumis, sangat mungkin bila tanpa minyak. Selain itu, aduk terus paprika dan bawang agar minyak melapisinya secara merata dan memungkinkan sayuran atau bumbu berwarna cokelat merata tanpa terlalu matang.

Mengukus

Untuk menghemat penggunaan minyak atau bahkan tidak membutuhkan minyak pada saat ditumis, sebaiknya sayuran atau bumbu, seperti paprika dan bawang bombay, dikukus terlebih dahulu. Teknik ini juga mempertahankan nutrisi makanan secara alami.

Tips

- Menumis merupakan teknik memasak dengan cepat, sehingga sayuran dan bumbu harus dipotong kecil atau diiris tipis.

- Cuci dan keringkan sayuran serta bumbu dengan tisu tebal sebelum memotong atau mengirisnya untuk menghindari kelebihan air yang akan memperlambat proses memasak.

- Gunakan wajan yang besar agar potongan sayur saat dimasukkan ke minyak panas tidak sesak sehingg memudahkan Anda menumis dan sayuran matang merata.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini