Mitos Minyak Zaitun, Benar Atau Salah?

Dewi Yanti, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2013 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 04 304 876476 4MvNvrL2Sh.jpg Chef Cat Cora (Foto:Foxnews)

MINYAK zaitun merupakan minyak serbaguna yang dapat digunakan untuk menumis, membumbui, pengawetan, atau hanya sebagai celupan. Begitu banyak manfaat kesehatan dari minyak zaitun seperti membantu menurunkan beberapa risiko jantung sehingga orang semakin tertarik membelinya.

Celebrity chef  “Iron Chef “ dan Food Network, Chef Cat Cora membeberkan kebenaran mitos yang sering berkembang tentang minyak zaitun. Berikut enam kebenaran tentang minyak zaitun yang membantu Anda saat membeli botol berikutnya, seperti diulas Foxnews:

Minyak zaitun tidak baik untuk menggoreng makanan

Anggapan jika minyak zaitun tidak cocok untuk menggoreng adalah salah. Pasalnya minyak zaitun memiliki titik asap tinggi yang berarti suhu bisa dinaikkan hingga 260 derajat Celsius. Alasan mengapa banyak orang tidak menggoreng dengan minyak zaitun karena harganya mahal.

Minyak yang tidak mengalami cold press pertama adalah minyak sisa

Pernyataan tersebut benar, pasalnya proses press (menekan/memeras biji zaitun untuk mendapatkan ekstrak) yang pertama adalah cold press yang berarti tanpa menggunakan panas atau bahan kimia. Proses cold press menghasilnya minyak zaitun extra virgin yang merupakan minyak zaitun premium. Sementara jenis lainnya adalah minyak zaitun murni atau disebut minyak zaitun sisa.

Memasak minyak zaitun menghancurkan manfaat kesehatan

Memang benar memasak minyak zaitun dapat menghancurkan beberapa manfaat kesehatan di dalamnya. Bukan karena panas tapi apa yang dilakukan pada masakan Mediterania yaitu minyak zaitun hanya digunakan sedikit saat memasak atau hanya sebagai drizzle (gerimis) di atas masakan untuk menjaga manfaat kesehatan dari minyak zaitun.

Anda harus menyimpan minyak zaitun di kulkas

Anggapan penyimpanan minyak zaitun harus di kulkas salah, kecuali jika Anda tinggal di daerah yang sangat lembab dimana udara sangat panas Anda mungkin perlu melakukannya.Tapi selain itu, simpan minyak zaitun di tempat yang gelap dan sejuk, seperti menyimpan wine.

Jangan pernah membeli minyak yang terlihat cloudy

Minyak yang terlihat cloudy (berawan) sebenarnya tidak begitu baik. Minyak tersebut tidak disaring dan sehingga tidak bertahan lama saat disimpan. Pastikan membeli yang bagus, bening, serta dikemas dalam botol gelap. Jika tidak ada dengan kemasan botol gelap, pilihlah minyak zaitun berwarna hijau gelap. Periksa kemasannya apakah ada tertera label ekstra virgin.

Light” atau "extra-light" menandakan jumlah kalori lebih sedikit

Pernyataan tersebut tidak benar. Light (rasa yang lebih ringan) tidak berarti jika kandungan kalorinya lebih sedikit. Light atau extra light sebenarnya menandakan jika minyak zaitun mengalami proses press dua atau tiga kali. Jumlah kalori juga tida terpengaruh dengan adanya label extra virgin. (mty)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini