nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Mengapa Terjadi 'Cinlok' di Tempat Kerja

Arisa Mukharliza, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2013 14:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 10 14 197 881417 0bvFebl8nk.jpg Cinlok di tempat kerja (Foto: Corbis)

MEMILIKI hubungan asmara di lingkungan pekerjaan memang tidak bisa dielakkan lagi. Hal tersebut juga biasa ditemui seperti, hubungan

antara pegawai dengan koleganya maupun, antara bawahan dengan atasan yang tengah menjalin hubungan asmara.

Hubungan asmara merupakan suatu hal yang wajar dan manusiawi. Oleh karena itu, fenomena ini sangat menarik untuk di telusuri lebih lanjut. Ada beberapa alasan mengapa bisa terjadi hubungan asmara di lokasi kerja atau cinlok. Seperti yang dilansir dari laman womenshealth

Kesiapan

Pada umumnya, para pekerja di perusahaan atau organisasi adalah orang-orang yang secara fisiologis dan psikologis merupakan, individu yang sudah siap untuk menjalin hubungan asmara. Dan tidak sedikit diantaranya mereka siap untuk membina sebuah rumahtangga.

Selain itu, mereka juga mempunyai kesiapan dari segi finansial. Dengan kondisi-kondisi tersebut maka sangatlah memungkinkan jika individu tersebut mulai tertarik satu sama lain.

Waktu

Para pekerja yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, waktu yang tersisa untuk menghabiskan waktu di rumah sangatlah sedikit. Jarak waktu antara kantor dan rumah terkadang bisa menghabiskan waktu satu sampai dengan dua jam bahkan lebih dalam per hari. Di Indonesia waktu efektif yang dihabiskan untuk bekerja dalam seminggu kurang lebih 40 jam sampai dengan 48 jam.

Kondisi tersebut berpotensi untuk membuat para pekerja memutuskan untuk tinggal lebih lama di kantor. Dengan tersedianya banyak waktu yang dihabiskan dikantor dengan aktivitas berbarengan, maka tidaklah heran jika selama bekerja terjalin hubungan asmara antar individu.

Kebersamaan

Dalam lingkungan pekerjaan kita mengenal kata "teamwork". Melalui kebersamaan ini tiap individu biasanya akan diberi kesempatan untuk bertukar pikiran dan informasi dalam sebuah diskusi. Dalam situasi seperti ini juga tidak jarang diantara kolega rekan kerja akan membagi pengalamn-pengalaman pribadi. Kondisi atau situasi seperti ini yang kemudian akan memunculkan benih-benih cinta diantara para pekerja.

Minat

Secara psikologis ketika kita bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama maka, secara tidak langsung kita akan terbawa pada situasi kenyamanan. Artinya, kita akan lebih mudah untuk bertukar pikiran hingga akan terasa hubungan yang lebih dekat dan mudah untuk berbicara. Inilah salah satu alasan mengapa individu yang menjalin hubungan seringkali berasal dari bidang atau divisi yang sama, meski tidak berada dalam satu ruang kantor yang sama juga.(ren)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini