nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Benar Olah Lidah Sapi Agar Tidak Amis

Dewi Yanti, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2013 13:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 10 18 304 883319 LZ3VFDuJeA.jpg Lidah sapi (Foto:Marlelblog)

BAGIAN dari sapi yang juga cukup digemari adalah lidah sapi. Bagian ini biasanya diolah menjadi sup, soto, sate, gulai, asem-asem, ataupun semur. Mengolahnya pun tidak sulit dan yang terpenting kulit harus dibuka terlebih dahulu.

Lidah sapi ada yang berlemak ada yang minim lemak akibat jenis makanan yang dikonsumsi. Jika lidah berlemak, biasanya sapi banyak mengkonsumsi jagung, sedangkan yang minim lemak karena sapi hanya makan rumput.

Karena bagian lidah cukup kotor, maka lidah harus dicuci bersih sebelum direbus. Pastikan pula lidah sapi yang akan digunakan tidak berbau untuk menandakan kesegarannya.

“Lidah sapi tidak bau, kalau lidahnya bau sudah pasti enggak bagus,” kata Chef Ragil kepada Okezone saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, baru-baru ini.

Lidah yang telah bersih selanjutnya direbus hingga daging empuk. Tambahkan daun salam dan jahe yang sudah dimemarkan untuk menambah rasa gurih. Atau, dapat pula menggunakan air perasan lemon atau air perasaan jeruk nipis dan merica bubuk ke dalam air rebusan agar lidah tidak menjadi amis.

“Penambahan bumbu pada air rebusan lidah sesuai selera, misalnya orang Padang biasanya merebus tanpa bumbu, setelah direbus baru langsung diolah dengan bumbu kari, baru dibuat sate Padang,”  lanjut pemandu acara Masak Besar ini.

Lidah yang sudah empuk selanjutnya dikupas kulit terluarnya. Setelah itu dipotong-potong dan masak sesuai selera. (uky)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini