Terlalu Padat, Bandara Manila Terburuk di Dunia

Mutya Hanifah, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2013 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 20 407 884025 KFXtCC9UoP.jpg Bandara Manila, Filipina (Foto: bloomberg)

BANDARA Manila di Filipina disebut sebagai bandara terburuk oleh sebuah situs panduan wisata. Ini adalah yang kedua kalinya Bandara Manila mendapat julukan tersebut.

Predikat bandara terburuk itu didapatkan dari polling yang dilakukan oleh situs sleepinginairports.net. Bandara Manila terburuk karena tidak memenuhi kriteria sebagai bandara yang nyaman, bersih dan pelayanannya memuaskan.

Para responden menyatakan bahwa bandara ini memiliki fasilitas yang buruk serta staf bandara yang tidak membantu. Ditambah lagi adanya supir taksi 'tembak' di luar bandara yang mengincar wisatawan. Pihak Bandara Manila menolak predikat tersebut dan menyatakan sudah memperbaiki diri selama bertahun-tahun.

"Itu cerita lama," kata Dante Basanta, Manajer Terminal 1 Bandara Mnaila, seperti dikutip dari AFP, Minggu (20/10/2013). Namun Dante mengakui bandara ini bermasalah pada kapasitasnya. Bandara Manila hanya mampu menampung 6,5 juta wisatawan per tahun, namun tahun lalu bandara ini menampung 8,1 juta wisatawan.

Bandara kedua terburuk adalah Bandara Bergamo, Italia. Bandara ini mendapat predikat tersebut karena banyak wisatawan yang berkeliaran di bandara itu mengenakan pakaian yang tak pantas.

Selanjutnya adlaah Bandara Calcutta, Islamabad, Paris Beauvais, Chennai, Frankfurt Hahn, Mumbai, Rome Fiumicino dan Los Angeles. Sedangkan bandara terbaik adalah Bandara Singapura, Seoul Incheon, Amsterdam Schipol, Hong Kong dan Helsinki Vantaa.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini