Image

Pernikahan GKR Hayu-KPH Notonegoro Hiasi Media Asing

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2013, 19:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 10 23 29 885886 F3KoiViYah.jpg GKR hayu dan KPH Notonegoro (Foto: Kratonwedding)

PERNIKAHAN Gusti Kanjeng Ratu Hayu dan Kanjeng Pangeran Harya Notonegoro memang menyedot perhatian banyak pihak. Tidak saja didalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Hal ini terlihat dari berbagai pemberitaan di media asing seperti situs online Dailymail Inggris, Emirates 247 dan DVB Vietnam. Dalam pemberitaan tersebut, tidak saja disebutkan mengenai prosesi yang berlangsung selama pernikahan. Namun juga perjalanan cinta dari GKR Hayu dan KPH Notonegoro.

Seperti diketahui, selama tiga hari, putri keempat Sultan Hamengku Buwono X tersebut memang menjalani prosesi pernikahan. Di antaranya nyantri, siraman, mahang pasareyan, tarub dan bleketepe. Lalu juga ada prosesi tantingan, midodareni, akad nikah, panggih, tampa kaya dan dahar klimah.

Sementara prosesi kirab dan resepsi juga baru saja dilakukan hari ini  dan akan dilanjutkan dengan upacara pamitan kepada kedua orangtua. Tentunya, rangkaian prosesi yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari tradisi keluarga Sultan HB X. Tak heran jika pernikahan tersebut menjadi salah satu event budaya yang dihadirkan oleh pihak Keraton Yogyakarta.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini