Liburan Tak Sebabkan Kantong Jebol, Visa Kasih Solusinya

Fitri Yulianti, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2013 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 23 407 885823 k8EuBh6SUg.jpg (Foto: truevoicetech)

JAKARTA - Dalam penelitian Visa Global Travel Intentions Study 2013 terbaru, terungkap bahwa orang Indonesia sangat memperhatikan anggaran selama bepergian. Apa indikatornya?

Fakta tersebut terungkap saat para responden memilih “cocok dengan anggaran yang dimiliki” sebagai salah satu kriteria penting dalam memilih tujuan wisata. “Melihat bagaimana orang Indonesia mementingkan anggaran dalam wisata mereka, aplikasi anggaran wisata dapat menjadi sebuah alat bantu yang tak tergantikan bagi masyarakat Indonesia yang ingin merencanakan dan mengatur anggaran liburan mereka dengan menyenangkan, mudah, dan cepat,” kata Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worlwide Indonesia, dalam siaran persnya kepada Okezone, Rabu (23/10/2013).

Baru-baru ini, Visa memang mengeluarkan Aplikasi ini berjudul Anggaran Wisata atau Travel Budget sebagai bagian dari kampanye melek keuangan Visa untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan kemampuan manajemen keuangannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi smartphone pertama yang diluncurkan oleh Visa dan didesain khusus untuk pasar Indonesia, yang dapat diunduh para pengguna Apple dan Android dari App Store dan Google Play. Sementara itu, untuk versi BlackBerry akan segera menyusul.

Dalam survei di tahun 2012 tentang tingkat melek keuangan global, Indonesia menduduki peringkat ke-27 dari 28 negara, hanya setingkat di atas Pakistan. Survei ini juga menemukan bahwa kurang lebih 1 dari 3 responden di Indonesia tidak memiliki anggaran pribadi untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran mereka.

“Melek keuangan tetap menjadi tujuan yang sangat penting bagi Visa. Masih ada banyak sekali upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan Indonesia melek keuangan," tambahnya.

Menurutnya, Visa berkomitmen mendukung program melek keuangan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara membelanjakan, menyimpan, dan membuat anggaran dengan bertanggungjawab. Seiring dengan meningkatnya pendapatan serta daya beli masyarakat Indonesia, sangatlah penting bagi mereka untuk mengetahui pula bagaimana cara mengatur keuangan mereka dengan bijak.

Selain sebagai alat untuk menghitung anggaran, Aplikasi Anggaran Wisata Visa juga memberikan berbagai tips menghemat pengeluaran, seperti informasi perbandingan transportasi, berbagai saran dalam memilih akomodasi yang tepat, rencana makan yang 'ramah dengan kantong', serta berbagai aktivitas yang dapat dilakukan selama berwisata. Setelah diunduh, semua alat-alat dan informasi tersebut dapat digunakan kapan saja, tanpa harus tersambung dengan koneksi internet.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini