nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri ASI Lebih dari Dua Tahun, Bolehkah?

Dwi Indah Nurcahyani, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2013 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 10 25 483 886920 YqaQxOGdtN.jpg Ibu menyusui (Foto: Google)

AIR Susu Ibu (ASI) memiliki sejuta manfaat kesehatan baik bagi anak dan juga ibu. Tak heran, banyak yang rela memberikannya hingga di atas dua tahun.

Pemberian ASI baik dari anjuran kesehatan disarankan hingga anak berusia dua tahun. Di atas usia itu, banyak ibu melakukan penyapihan pada anaknya. Namun, tak sedikit anak yang sebenarnya masih ingin menyusu ASI meski usianya di atas dua tahun. Lantas, bolehkah ASI diberikan lebih dari dua tahun?

dr Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC, FABM  mengatakan bahwa menyapih bayi sebenarnya merupakan proses bertiga yakni ayah, ibu dan anak.

"Kegagalan menyusui merupakan kegagalan ayahnya, keberhasilan menyusui merupakan keberhasilan ayahnya. Jadi kapan kita boleh menyapih? Yakni ketika salah satu dari komponen ini berkeberatan. Misalnya saja ayahnya sudah nggak mau istrinya menyusui atau ibunya sudah tidak mau menyusui,"tuturnya di Gedung Prof Suyudi Aula Dr Siwabessy, Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 24 Oktober 2013.

dr Utami melanjutkan bahwa saat ini tren untuk menyapih yang terkenal di dunia ialah menyapih dengan kasih sayang yaitu ankanya yang tak mau.

"Rata-rata di dunia itu percaya atau tidak, 4 tahun 2 bulan penyapihannya,"sambungnya.

Ia mencontohkan cucunya sendiri pun disapih ibunya hingga anaknya di atas dua tahun, bahkan hingga tiga tahun lebih.

"Cucu saya yang pertama itu 3,5 tahun, cucu kedua 2 tahun 10 bulan, dan cucu ketiga 3,5 tahun,"imbuhnya.

Bagaimana dengan kualitas ASI saat anak di atas 2 tahun?

Banyaknya ASI memang mengikuti kebutuhan anak yang bersangkutan. Makin banyak yang diminum maka produksi pun makin melimpah.

Ketika anak mengasup makanan pendamping, biasanya kebutuhan minum pun jadi tak sebanyak ketika masa ASI eksklusif. Tak hanya itu, ketika usia 1 tahun biasanya produksi ASI pun menurun karena konsumsi makanan anak lebih banyak. Lalu, benarkah asumsi tersebut?

"Tidak benar itu, jadi ASI selalu disesuaikan dengan usia anaknya. Usia 1 tahun, anak sudah makan tiga kali makanan padat dan dua kali snack. Usia dua tahun dari 500 cc ASI ibunya itu masih memenuhi kebutuhan energi sebanyak 31 persen. Selain itu, sebanyak 38 persen kebutuhan protein pun masih dipenuhi ASI ibunya dari anak berusia dua tahun serta terpenuhinya 45 persen kebutuhan vitamin A. Bahkan, hampir kebutuhan vitamin C anak dua tahun masih bisa dipenuhi sebanyak 95 persen dari 500 cc ASI,"tandasnya.

(ind)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini