nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Kunyit Efektif Cegah Diabetes

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 03 November 2013 21:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 11 01 484 890756 SonY3SQFcY.jpg Manfaat kunyit (Foto: Google)

ADA banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes. Salah satu cara untuk mencegah diabetes adalah dengan mengonsumsi kunyit.

 

Rempah alami ini merupakan salah satu obat dengan sifat kuratif yang efektif dalam mengobati diabetes. Berikut ini adalah alasan mengapa kunyit baik untuk diabetes, seperti dilansir Boldsky.

 

Kesehatan menyeluruh

 

Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda sehat. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes.

 

Mengatur insulin

 

Ini adalah salah satu peran dari kunyit terhadap diabetes. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

 

Mengurangi lemak

 

Diabetes sering disertai dengan kenaikan berat badan. Selain itu, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab diabetes. Jadi, kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Mencegah infeksi

 

Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.

(ind)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini