Selain Minyak Zaitun, 4 Minyak Ini Baik bagi Kesehatan (1)

Dewi Yanti, Jurnalis · Minggu 17 November 2013 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 16 299 897936 4XbeV6UQcd.jpg (Foto:Eatrigh)

MINYAK zaitun kerap disarankan sebagai salah satu bahan masakan yang ada di dapur karena memebuat masakan terasa lezat, sehat bagi jantung, dan cocok bagi pelaku diet. Namun, tidak hanya minyak zaitun, minyak biji anggur dan biji rami memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

Berikut jenis-jenis minyak yang perlu Anda stok di dapur karena manfaat kesehatan yang dimilikinya, seperti diulas Detailsmagazine:

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas hingga sedikit asam dan beraroma rerumputan. Kaya akan lemak tak jenuh tunggal seperti yang ditemukan pada kacang-kacangan dan alpukat, sedangkan untuk minyak zaitun extra-virgin mampu menurunkan kolesterol jahat ‘LDL’ dan meningkatkan kolesterol baik ‘HDL’. Dalam penelitian terbaru di New England Journal of Medicine menemukan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat sendok makan minyak zaitun extra-virgin setiap hari secara signifikan akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Minyak zaitun ekxtra virgin memiliki titik asap sedang yakni 190 derajat Celsius. Dengan titik asap tersebut, minyak zaitun cocok digunakan untuk menumis dengan suhu rendah dan tambahan masakan mentah seperti untuk campuran mayo, salad dressing, atau hanya taburan. Jangan gunakan minyak zaitun untuk masakan yang dimasak dengan suhu panas tinggi seperti memanggang daging.

Minyak biji anggur

Minyak ini memiliki rasa yang ringan, netral dan terasa sedikit anggur. Kandungan vitamin E dan flavonoid pada minyak biji anggur berfungsi sebagai antioksidan yang menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung. Tapi karena 70 persen asam lemak minyak ini adalah omega-6, apabila mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penyakit peradangan. Cukup konsumsi sekali hingga dua kali seminggu.

Minyak biji anggur termasuk memiliki titik asap sedang ke tinggi, yakni 228 derajat Celsius sehingga cocok pan searing (bakar wajan hingga bagian luar kecoklatan), memanggang di atas bara maupun di dalam oven.

Minyak biji rami

Minyak biji rami memiliki rasa seperti mentega dan sedikit pahit. Mengandung asam alfa-linolenat ( ALA) yang diubah tubuh menjadi omega-3. Penelitian menunjukkan bahwa ALA bisa membantu mengurangi peradangan dan dapat menurunkan tekanan darah.

Minyak jenis ini memiliki titik asap rendah, yakni 107 derajat Clesius sehingga hanya cocok disajikan mentah tanpa dipanaskan. Biasanya untuk campuram hummus, smoothie,  atau oatmeal. (fmh)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini