Sekali Saja Gunakan Minyak Goreng

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 25 November 2013 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 25 304 902571 WpGT14TmPr.jpg Gunakan minyak sekali saja dalam menggoreng (Foto:yumsugar)

KEBANYAKAN orang menggoreng dengan minyak lebih dari sekali pakai. Demi tujuan kesehatan, kebiasaan ini sebaiknya dijauhi.

Healthy Chef Edwin Lau mengatakan bahwa minyak goreng hanya boleh dipakai satu kali. Dengan cara inilah, Anda bisa merasakan manfaat sehat buat tubuh.

"Minyak goreng hanya dipakai satu kali. Memang terlihat boros, tapi cara itulah yang membuat tubuh jadi sehat," ucapnya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, minyak goreng yang digunakan dua kali akan membuat kandungan minyak berubah. Hal inilah yang bisa membuat tubuh mudah sakit.

"Dengan digoreng lebih dari satu kali, maka akan terjadi perubahan warna jadi keruh. Baunya juga menyengat dan pedas kena mata sehingga bisa menyebabkan badan mudah sakit," paparnya.

Karena untuk satu kali pakai, dirinya menyarankan bila penggunaan minyak harus dalam keadaan panas sebelum akhirnya dimasukkan bahan makanan. "Menggoreng harus minyak baru dan minyak harus panas. Jad, matangnya cepat dan tak perlu memasak terlalu lama," tambahnya.

Dengan cara ini, minyak akan cepat panas sehingga proses pemasakan tidak perlu lama. Baginya, semakin lama minyak terpapar panas maka pertanda minyak tak layak dipakai.

"Minyak yang dipanaskan terus-menerus tapi tidak keluar asap, maka tingkat lemak jenuhnya tinggi. Minyaknya patut dipertanyakan," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini