nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Sederhana Bebaskan Gangguan Hormon

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Minggu 22 Desember 2013 20:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 12 20 486 915373 ytCXySbOPA.jpg Minum susu (Foto: Google)

WANITA yang sudah sering mengalami gangguan hormonal harus segera diobati. Sebab, gangguan tersebut tak hanya menyebabkan haid tak teratur tapi juga infertilitas.

PCOS ( polycystic ovary syndrome) merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh wanita. Lebih dalam, PCOS adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada masa reproduktif wanita. Untuk mengatasi hal tersebut, solusi paling sederhana sendiri adalah olahraga dan pola makan sehat. Bila cara di atas kurang efektif mengatasi gangguan hormon Anda, di bawah ini ada cara lain yang bisa dijadikan referensi. Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.

Buah untuk hormon

Sertakan buah-buahan seperti pepaya, apel, jambu biji, pir, jeruk, kiwi, dan buah ara, yang kaya serat dan antioksidan. Dimana bisa membantu mencegah peradangan, yang berhubungan dengan PCOS. Pisang, buah kaya kalium dapat membantu dengan retensi air tetapi merupakan buah yang mengandung indeks glikemik tingkat menengah, maka akan lebih baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Biji-bijian

Sertakan biji-bijian seperti gandum, gandum, oat, quinoa dan millets, karena mereka kaya akan vitamin B, mineral, fitokimia dan enzim, yang baik untuk sistem pencernaan.

Protein

Protein perlu dikonsumsi secara teratur dan cermat. Sebabnya protein membantu membangun sel dan otot. Massa otot yang baik akan membantu dalam penyimpanan lemak lebih sedikit. Selain itu, protein membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu lama. Untuk itu, sertakan protein hewani seperti putih telur, daging tanpa lemak, protein nabati seperti kacang-kacangan, kedelai dan lain-lain.

Susu

Susu diyakini memiliki efek buruk pada tingkat insulin. Namun jika diambil pada waktu yang tepat dan dalam jumlah tepat, bisa menguntungkan. Hal itu karena susu mengandung kasein beta AI yang diyakini dapat meningkatkan produksi testosteron.

"Lemak baik"

"Lemak baik", terutama omega- 3  hadir dalam biji rami, ikan dan alpukat, yang sangat penting bagi penderita PCOS. Hal itu karena semua asupan itu memiliki kandungan anti-inflamasi dan berguna dalam mengelola gejala peradangan seperti nyeri payudara, sakit punggung kelebihan dan sakit perut saat PMS. Selain itu, lemak jenis ini bila dikonsumsi dalam proporsi tepat akan membantu dalam penurunan berat badan. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, biji bunga matahari dan kenari juga mengandung lemak baik.

(ind)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini