Agar CV Anda Menonjol, Dijamin Dapat Kerja

Restika Ayu Prasasty, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2013 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 26 198 917639 THxYnHv1nf.jpg Melamar kerja (Foto: Dailymail)

JIKA lamaran pekerjaan Anda selalu ditolak lagi dan lagi, kesalahan bisa saja karena resume atau CV Anda. Saatnya Anda dapat pekerjaan impian.

Dalam dunia yang kompetitif, Anda harus membuat resume yang menonjol dari yang lain dan memiliki beberapa fitur luar biasa yang orang lain tidak punya. Berikut beberapa tip membuat resume memesona yang dapat menarik perhatian perusahaan, seperti dilansir Magforwomen.

 

Sertakan link video YouTube

 

Karena pada masa kini sebagian besar resume dikirim secara online, Anda dapat menggunakan link video YouTube untuk disertakan. Video ini (durasi sekitar 2 menit) bisa berupa pengenalan tentang diri Anda atau representasi visual dari tujuan yang ingin Anda capai untuk perusahaan yang dilamar. Elemen interaktif seperti video mungkin berhasil merebut perhatian staf HRD, meskipun mereka menerima lebih dari 100 aplikasi per hari.

 

Gunakan kode QR

Jika mengerti teknologi dan melamar untuk posisi teknis, Anda dapat menggunakan kode QR dalam resume Anda. Setelah menghasilkan kode QR, memasukkan dalam resume Anda. Jika perusahaan yang Anda minati memindai kode dengan smartphone, dia dapat diarahkan ke sebuah website sesuai kode yang Anda berikan. Website ini bisa berupa satu halaman website berisi rincian tentang diri Anda dalam bentuk resume yang tidak konvensional. Bahkan jika tidak pandai teknologi, Anda bisa meminta seorang ahli untuk menghasilkan kode untuk Anda.

 

Tambahkan infographics dan gambar menarik

Infografis adalah cara yang bagus untuk mewakili sepotong informasi membosankan dengan cara yang kreatif. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan diagram Venn untuk menampilkan semua keahlian Anda dan menyoroti keahlian umum yang diperlukan. Anda juga dapat menggunakan grafik atau timeline untuk memetakan perjalanan profesional Anda hingga sekarang. Tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lamar, gunakan gambar yang menunjukkan pengalaman kerja Anda sebelumnya atau diagram alir yang menampilkan transisi karier Anda dari satu tahap ke tahap lainnya.

 

Membuat resume dalam bentuk powerpoint

Anda dapat menggunakan ide ini pada resume digital atau resume cetak konvensional. Lupakan format resume tradisional yang mungkin selama ini Anda gunakan. Sertakan konten dalam slide untuk mempresentasikan diri Anda dengan powerpoint.

 

Menambahkan halaman media sosial Anda untuk resume

Daripada khawatir dan menyembunyikan profil media sosial Anda dari calon kantor, gunakan hal itu untuk keuntungan Anda. Bersihkan profil media sosial Anda dan cakupkan hyperlink dalam resume Anda. Jika melamar untuk pekerjaan dalam bidang seni, desain atau penulisan, Anda juga dapat menyertakan link ke akun Flickr dan Instagram Anda. Jika Anda memiliki blog yang relevan dengan bidang pekerjaan, sertakan link itu juga. Tampilkan pada calon kantor Anda bahwa halaman media sosial Anda adalah aset.

 

Gunakan font dan warna untuk keuntungan Anda

Sebagai aturan umum, resume konvensional tidak mengizinkan penggunaan terlalu banyak warna atau variasi font. Namun Anda dapat menggunakan kombinasi jarang ini untuk menyoroti fitur kunci tertentu dalam resume Anda dengan cara yang mungkin Anda anggap sesuai dengan etika profesional.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini