RM Sop Konro Karebosi, Sensasi Nikmat Tulang Iga Sapi

SINDO, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2014 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 10 302 924475 b22eG4Cuml.jpg RM. Sop konro di Makassar (Foto:sindo)

MAKASSAR - Konro merupakan salah satu masakan khas yang banyak dicari para turis domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Kota Makassar. Isinya bukan daging sapi, melainkan tulang iga. Mau dibakar atau direbus biasa di dalam kuah sup, tulang iga ini tetap enak disantap.

Dengan mengandalkan tulang iga yang masih memuat segelintir daging di dalamnya, masakan ini disulap keluarga besar H Hanaping menjadi salah satu menu khas Kota Anging Mamiri hingga terkenal ke seantero negeri. Bukan cuma cita rasanya yang menggoda, variannya pun menarik untuk dicicipi. Ada yang tulang iganya dibakar bersama siraman bumbu kacang, ada juga yang langsung direbus bersama kuah seperti sup konro pada umumnya.

Aroma rempah khas Indonesia sangat terasa pada menu ini. Di bawah bendera Konro Karebosi, usaha yang dirintis H. Hanaping sejak 1968 bersama sembilan anaknya itu berkembang dan tetap eksis hingga saat ini. Rumah Makan (RM) Sop Konro Karebosi telah memiliki cabang di Jakarta, tepatnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Seiring perkembangannya, usaha yang dulu hanya menempati warung tenda di lapangan Karebosi, Makassar, dengansegmentasi pasar kelas menengah ke bawah, kini telah berubah menjadi rumah makan kelas menengah yang menempati sebuah ruko.

Ruko ini dibeli dari hasil pengumpulan profit warung tenda selama lima tahun. Menurut sang pemilik rumah makan, Ilham Hanafie, cita rasa khas yang ditawarkan menjadi jurus jitu untuk menggaet konsumen mencicipi konro.

Daging yang menempel di tulang iganya pun sangat empuk. Ilham yang merupakan anak kedua H Hanaping mengaku selalu menggunakan resep yang diwariskan keluarganya untuk menghasilkan rasa konro yang beda dengan konro di tempat lain.

”Kami sangat menjaga kekhasan cita rasa. Makanya, kami selalu menyiapkan beberapa orang yang bertugas di bagian quality control guna memeriksa segala kebutuhan bahan untuk menghasilkan konro yang nikmat,” katanya.

Ilham berujar, bahan yang dibutuhkan untuk membuat konro tidak sulit didapat. Semisal iga sapi yang telah dipotong potong tipis bersama tulangnya, lengkuas, daun salam, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, dan rempah pendukung lain. Di RM Sop Konro Karebosi, tulang iga lazim dimasak terpisah dengan bahan-bahan lain demi menghasilkan rasa iga yang lezat.

Untuk bisa menikmati seporsi menu konro bakar, Anda harus menyiapkan bujet Rp40.000. Sedangkan, menu sup konro dibanderol dengan harga Rp38.000, belum termasuk nasi. Untuk menu konro bakar, tulang iga sapi disajikan terpisah dengan kuahnya. Sebelum dibakar, iga sudah dilumuri terlebih dulu dengan bumbu kacang layaknya sate.

Sementara, pada menu sup konro, sesuai namanya, tulang iga disajikan bersama kuah, lengkap dengan bumbu dedaunan sebagai pelengkap rasa. Tidak ketinggalan sambal khas oranye kemerahan turut disediakan untuk memperkaya cita rasa sup konro. Saodah Jafar, 55, pengunjung asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, mengaku kerap mengajak keluarga makan di Konro Karebosi.

Selain lokasinya sangat mudah dijangkau, menu yang disajikan juga lezat. Hal serupa dilontarkan H Firdaus. Tiap kali bertandang ke Makassar, dia pasti menyempatkan makan konro di Konro Karebosi.

”Kadang saya minta dibungkus untuk dibawa pulang. Meski memang jauh lebih enak kalau makan di tempat, itu tidak jadi soal, asalkan tiap kali ke sini bisa makan konro,” ujar pengusaha asal Surabaya itu.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini