Minyak Goreng Takkan Berbau Tengik

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2014 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 21 304 929511 EKTYszbwwF.jpg Minyak goreng bisa disimpan sampai lama (Foto:readerdigest)

PENYIMPANAN yang baik akan menjaga bahan makanan tetap segar dan tahan lama, termasuk minyak goreng. Bagaimana cara menyimpan minyak goreng dengan baik?

Agar minyak goreng tahan lama, maka perhatikan cara penyimpanannya, seperti dilansir Readerdigest:

Jauhkan panas

Jauhkan minyak goreng dari kompor atau benda yang menghasilkan panas. Panas akan menguras antioksidan minyak sehingga dapat mempercepat proses pembusukan dan berbau tengik. Jadi, pindahkan minyak ke tempat yang lebih dingin.

Tempat gelap

Kesalahan lain dalam menyimpan minyak goreng adalah dengan menyimpannya di dalam lemari gelap atau dalam wadah yang buram.

Lemari es

Beberapa jenis minyak goreng memang bisa disimpan di dalam kulkas untuk mencegah pembusukan, seperti minyak kenari dan minyak almond. Menyimpan minyak jenis apapun di dalam lemari es akan membuat minyak tetap segar dan lebih lama, bahkan minyak berubah padat. Cukup keluarkan minyak dari lemari es sesaat sebelum digunakan.

Disimpan lama

Sebagai aturan, minyak sayur tetap segar selama sekira 6 bulan atau lebih, sementara minyak zaitun bisa bertahan sampai satu tahun. Bukalah minyak goreng yang sudah disimpan lama. Jika memiliki bau tak sedap, maka pertanda minyak sudah rusak, jadi sebaiknya minyak dibuang.

Jika membeli minyak goreng dalam ukuran besar, maka tuangkan setengahnya ke dalam botol kecil untuk dipakai sehari-hari. Hindari membuka wadah minyak goreng aslinya terlalu sering.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini