Image

Tiga Jurus Hindari Penipuan Penjual Kepiting Segar

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2014, 10:09 WIB
https img k.okeinfo.net content 2014 01 22 304 929854 GJG1BP8RRm.jpg (Foto: portlandmonthlymag)

APAKAH Anda masih penasaran untuk mengolah kepiting menjadi hidangan lezat dan variatif? Sebelum mengulik lebih dalam resep-resepnya, Anda perlu memahami tips dasar memilih kepiting.

Memasak bahan makanan laut alias seafood, berarti Anda harus lihat memilih yang segar. Pasalnya, rasa hidangan akan kacau bila Anda gagal melakukan tahapan awal ini.

Bertindak tetililah saat Anda membeli kepiting segar di pasar tradisional ataupun supermarket. Berikut tips memilih kepiting agar Anda terhindar dari aksi penipuan penjual yang 'nakal':

Pilih yang segar

Pilih kepiting yang segar dalam arti masih hidup ataupun belum lama mati. Untuk mengetahui kepiting masih hidup, perhatikan matanya. Bila masih bergerak keluar-masuk, jari-jarinya juga masih bergerak, maka binatang tersebut masih hidup. Anda juga bisa menyentuhnya, biasanya kepiting akan bergerak.

Cari yang bagian tubuh lengkap

Cari kepiting yang bagian tubuhnya masih lengkap. Pastikan jari-jari dan capit kepiting belum patah. Cangkangnya juga harus keras. Pastikan sisi bawah cangkang keras, jika terasa lembek, sebaiknya jangan dipilih karena kurang segar.

Cari yang berukuran besar

Umumnya kepiting dijual dalam keadaan terikat, angkatlah kepiting. Jika bobotnya terasa ringan, berarti dagingnya kurang padat. Kepiting yang berat adalah kepiting yang berbadan gemuk. Hindari memilih kepiting yang berbadan kecil karena akan sulit saat mengeluarkan dagingnya waktu dimakan.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini