Cara Mudah Buka Kelapa Utuh

Johan Sompotan, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2014 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 22 304 930165 ZermTCstUf.jpg Begini buka kelapa dengan mudah (Foto:food52)

PERNAHKAH Anda mendapatkan kelapa utuh? Muda ataupun tua, akan dimasak atau dimakan langsung, Anda tentu butuh cara tepat untuk membukanya.

Selain meminta bantuan orang lain, Anda juga bisa mempraktekkan sendiri cara membuka kelapa. Beberapa alat yang Anda butuhkan, adalah palu, obeng, serta handuk yang sudah tidak terpakai.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan air kelapa lalu taruh ke dalam mangkuk ataupun gelas besar. Caranya, lipat handuk untuk menjadi alas kelapa supaya bisa berdiri dengan baik. Tempatkan ujung obeng pada kelapa dengan posisi tegak dan gunakan palu untuk mengetuknya. Putar obeng seperti membuka sekrup untuk mendapatkan lubang yang besar.

Ulangi dengan melubangi lubang lainnya, maka ujung kelapa akan mengalir keluar perlahan. Saring airnya dengan saringan halus dan minumlah. Bisa juga mendinginkannya dengan menaruh di dalam kulkas, seperti dilansir Food52.

Selanjutnya, bungkus kelapa ke dalam handuk yang tak terpakai. Gunakan keempat sudut handuk di tangan Anda untuk membuat sling pada kelapa. Ayunkan handuk yang sudah terdapat kelapa tadi dengan membantingnya ke permukaan yang keras. Anda bisa melakukannya di lantai rumah. Jika menggunakan banyak kekuatan, maka akan terdapat beberapa retakan besar.

Lalu, lepaskan potongan kelapa yang ada di handuk. Untuk mencongkel dagingnya, Anda bisa menggunakan obeng. Cara ini akan lebih mudah. Gunakan pula alat pengupas sayuran untuk memisahkan dagingnya dengan kulit kelapa.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini