Taman Nasional Wakatobi Target 15 Ribu Wisatawan di 2014

Winda Destiana, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2014 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 06 407 937138 UDIIcxP7Dv.jpg Foto: tripadvisor

JAKARTA - Menjadi salah satu surga bawah laut indah di dunia, Wakatobi berhasil menggaet 11 ribu lebih wisatawan sepanjang 2013. Target tersebut dinaikkan tahun ini.

 

“Dengan melihat angka seperti itu, kami optimis untuk menargetkan 15 ribu wisatawan pada tahun ini,” kata Sudjiton, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Wakatobi, kepada Okezone usai konferensi pers “Cagar Biosfer Wakatobi dan Manfaatnya bagi Ekosistem Laut di Indonesia” di Jakarta, Kamis (6/2/2014).

 

Upaya yang dilakukan adalah dengan menambah landasan pacu bandara. Ia juga menambahkan bahwa perjanjian kerjasama dengan Garuda Indonesia di akhir tahun lalu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wakatobi.

 

Selain itu, pemberdayaan masyarakat tengah dilakukan dengan menghasilkan kerajinan khas Wakatobi sebagai cinderamata yang dibawa pulang wisatawan. Begitupun kuliner khasnya. Menurut Sudjiton, kebanyakan wisatawan mencari keunikan daerah yang dikunjungi, dan pihaknya berharap masyarakat lokal dapat memenuhi keinginan tersebut.

 

Selain itu, ia juga membina masyarakat agar berperilaku ramah serta sopan terhadap wisatawan yang datang. Hal ini tentunya untuk menumbuhkan kenyamanan mereka dan menjadikan Wakatobi sebagai destinasi favorit di Indonesia.

 

Kabupaten Wakatobi di Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki kondisi geografis yang unik dengan hanya 3 persen kawasannya berupa daratan. Di sinilah letak Taman Nasional Wakatobi dengan luas 1.390 ribu hektare dengan meliputi 39 pulau, 3 gosong, serta 5 atoll. Pada Juli 2012 silam, kawasan ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer dari UNESCO.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini