Share

Tembok 117 KM Peninggalan Memukau Romawi di Inggris

Winda Destiana, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2014 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 11 544 939262 uzuPIV7o6F.jpg Tembok Hadrian (foto: mnn)

Tembok Hadrian

 

Tembok ini telah ada selama ratusan tahun lalu, melintasi Inggris. Dibangun oleh Kekaisaran Romawi di Inggris, tembok ini bertujuan sebagai benteng pertahanan yang terbuat dari batu. Pembangunannya dimulai pada pemerintahan Kekaisaran Hadrian. Tembok ini merupakan tembok megah kedua yang membentang di wilayah Britania Raya.

 

Meski terjadi pengikisan, ada beberapa bagian tembok yang masih nampak utuh. Sejarah berdirinya Tembok Hadrian Romawi pertama kali menginvasi inggris pada 55 SM di bawah Julius Caesar. Setelah lebih dari seabad, tepatnya tahun 70 M, Romawi hanya bisa merebut Inggris selatan. Romawi tidak bisa merebut Inggris utara karena selalu dikalahkan oleh dua suku barbar di Celtic.

 

Kini, tembok Hadrian merupakan daya tarik wisata terpopuler di Inggris dan merupakan warisan peninggalan sejarah Romawi di Inggris. Panjang tembok ini diperkirakan mencapai 117km sementara lebarnya mencapai 6 meter dengan ketinggian sekira 3,5 meter. Banyak orang keliru dan mengira bahwa tembok yang sedemikian panjang dan megah ini dibangun oleh para budak Romawi. Hal ini salah, justru menariknya, tembok ini dibangun sendiri oleh para tentara Romawi. Menurut kaisar, hal ini merupakan semacam terapi kerja bagi pasukan Romawi supaya tetap sehat dan kuat dengan terus bekerja.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini