Share

Kota Kuno Menakjubkan di Balik Padang Pasir

Winda Destiana, Okezone · Kamis 20 Februari 2014 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 19 409 943503 oggH9LjqpM.jpg Foto: unusualplaces

BANYAK hal belum banyak diketahui dari Arab Saudi. Meski terkenal dengan wisata religi bagi Muslim, ternyata ada hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di negara ini. Sebuah bangunan bersejarah terdampar di lautan pasir nan luas.

 

Madain Saleh dikenal sebagai Al-Hijr, sebuah situs kekal terbesar dari peradaban Nabataeans selatan. Bangunan ini disinyalir lebih besar dari Petra di Yordania. Bangunan ini merupakan sebuah situs arkeologi pra-Islam dan merupakan makam di Gurun Nabatea, sekitar 1.043 km dari Riyadh, Arab Saudi.

 

Situs ini adalah lambang peradaban kerajaan terbesar setelah Petra. Banyak jejak dari bangsa Romawi kuno di kawasan ini. Uniknya, kawasan ini ditemukan oleh salah seorang wisatawan yang berasal dari Andalusia pada 1336. Arti dalam bahasa arab AL Hijr adalah “tempat berbatu”, maka tempat ini mengacu pada sebuah pemukiman yang ditemukan di bebatuan.

 

Namun, wisatawan tersebut mengusulkan agar tempat ini dinamakan Madain Saleh atau “orang saleh”. Hal berbeda dilakukan oleh para penduduk Tsamud, yang merupakan suku asli di kawasan ini karena menyebutnya dengan Hegra, seperti yang dilansir dari laman Unusualplaces.

 

Pada 2008, Madain Saleh dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Situs ini merupakan satu-satunya warisan dunia yang terletak di tengah gurun, Arab Saudi. Situs ini tepatnya terletak 20 km atau sekitar 12.4 mil sebelah utara dari Kota Ula, 400 km sebelah utara dari Madinah, dan 500 km sebelah selatan Petra.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini