Seafood Sudah Dimasak, Begini Cara Kenali Bau Busuknya

Johan Sompotan, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2014 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 27 304 947758 yFPRQ3ISIi.jpg Mengenali seafood yang sudah dimasak segar atau tidak (Foto:yumsugar)

SEAFOOD yang memiliki bau tak sedap akan sulit diketahui bila sudah dimasak. Untuk mengenalinya, perhatikan cara ini.

Menurut Brian "MasterChef", seafood yang sudah dimasak akan susah diketahui kesegarannya. Bumbu dan rempah akan menutupi bau tidak sedapnya.

"Bumbu punya aroma dan rasa yang tajam, inilah yang bikin bau busuk seafood tertutupi," ucapnya saat dihubungi Okezone.

Dia menambahkan, Anda tak perlu khawatir sebab aroma seafood tak sedap tetap bisa Anda ketahui saat menyantapnya. Jenis seafood pertama, yakni cumi. Brian mengatakan, kesegaran cumi terbilang mudah ditebak.

"Cumi paling ketahuan karena bau amisnya sangat menyengat. Rasa asli cumi sudah hilang, teksturnya pun lebih lembek. Tekstur cumi yang segar cenderung kenyal," paparnya.

Kemudian, udang. Runner Up MasterChef Indonesia Season 3 mengatakan, udang memiliki citarasa manis. Jika Anda makan udang, ternyata rasanya hambar serta teksturnya tidak kenyal, udang tersebut sudah busuk.

Terakhir adalah kepiting. Bisa dibilang, jenis seafood satu ini cukup sulit diketahui kesegarannya karena dagingnya tersembunyi di balik cangkang. Cangkang inilah yang sebenarnya bisa menjadi indicator.

"Jika melihat di sela-sela cangkang ada kotoran ataupun berwarna hitam gelap, tanda kepitingnya sudah rusak," tambahnya.

Kemudian, Anda bisa melihat bagian dalam cangkang atau daging kepiting. "Kepiting yang segar akan terlihat di bagian dalamnya, khususnya kaki. Dagingnya akan padat, tanpa menyisakan bagian bolong," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini