nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisman Masuk ke Indonesia Kini lewat Pintu Tidak Biasa

Mutya Hanifah, Jurnalis · Selasa 04 Maret 2014 15:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 04 407 949782 BA5UEMrNZW.jpg Menparekraf Mari Elka Pangestu (Foto: Arif/Okezone)

JAKARTA - Jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia saat low season alias masa sepi wisatawan ternyata cukup banyak. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yakin bahwa semakin baiknya konektivitas Indonesia dengan negara-negara sekitar menjadi salah satu alasannya, dengan pintu masuk tidak biasa.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf mencatat bahwa pada Januari 2014, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mencapai angka 753.079 orang. Jumlah yang cukup tinggi, mengingat Januari merupakan masa sepi wisatawan.

Wisatawan pun semakin banyak datang melalui pintu-pintu masuk yang tidak biasa, tak hanya dari Jakarta dan Bali. "Pintu masuk Lombok, Padang, Makasar, dan Yogyakarta paling banyak dimasuki wisman," kata Mari Elka saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, belum lama ini.

Kota-kota tersebut memang sudah memiliki rute penerbangan langsung dari negara-negara tetangga. "Lombok sudah ada penerbangan langsung maskapai Jetstar dari Perth, Australia. Yogyakarta juga sudah dilayani langsung oleh Silkair dari Singapura," tutur Mari. 

"Begitu juga Makasar dan Padang yang juga ada penerbangan langsung. Padang sudah mulai recovery dari gempa beberapa tahun lalu, jadi sudah mulai kembali menjadi daya tarik wisatawan," ujar Mari.

Dia berharap tren ini akan membaik untuk bulan-bulan selanjutnya sepanjang 2014. "Semoga semakin banyak juga penerbangan langsung yang dibuka menuju Indonesia," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini