Ini Cara Tak Tertipu Kepiting Busuk saat Matang

Johan Sompotan, Jurnalis · Rabu 05 Maret 2014 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 05 304 950498 5ZIKLEh6Ar.jpg Mengenali kepiting segar meskipun sudah matang (Foto:royco)

BISA dibilang, makanan yang sudah matang akan sulit dideteksi kesegarannya, termasuk seafood. Agar tidak tertipu, perhatikan beberapa hal.

Semua makanan yang sudah dimasak dan matang tak dipungkiri akan susah untuk dikenali kesegarannya. Pasalnya, bahan makanan sudah bercampur dengan bumbu-bumbu.

"Jika bepergian ke restoran dan tempat itu memperlihatkan bahan makanannya, maka rasa khawatir bisa teratasi. Tapi jika sebaliknya, Anda tetap bisa mengetahuinya," kata Winnie Kusuma Wardhani, celebrity chef, kepada Okezone di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Makanan yang sudah matang akan bisa terdeteksi kesegarannya melalui aroma ketika makanan selesai dimasak. Menurutnya, akan tercium bau merkuri dengan kuat saat kepiting mengeluarkan bau menyengat meski sudah diberi formalin atau bahan pengawet lainnya.

“Kepiting termasuk seafood yang tidak bisa ditipu soal kesegarannya," bebernya.

Selain aroma, cara berikutnya adalah memperhatikan kondisi daging kepiting. Baginya, kepiting segar akan memperlihatkan warna daging yang segar atau cerah.

Chef Winnie menambahkan, untuk mengetahui kesegaran daging, maka buka dahulu cangkangnya. Jika masih segar, daging kepiting akan menutupi seluruh bagian cangkang, bukannya kopong ataupun benyek. Bila ini terjadi, kepiting sudah berada di luar air selama lebih dari tiga hari.

Terakhir, perhatikan tekstur kepiting. Kepiting segar tidak akan memunculkan kilauan dari minyak.

"Pada bagian luar daging kepiting akan terlihat berminyak sehingga pas dipegang akan terasa lengket," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini