Tiga Makanan Ampuh Obati Keracunan Makanan

Johan Sompotan, Jurnalis · Rabu 05 Maret 2014 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 05 304 950502 8phpMDBf8L.jpg Susu bisa mencegah Anda dari keracunan makanan (Foto:komonews)

KERACUNAN makanan, isunya sempat marak di media sosial pekan lalu. Agar tidak terjebak pada kasus serupa, ketahui beberapa bahan makanan untuk pencegahannya.

Bagi Anda yang keracunan makanan, Chef Winnie Kusuma Wardhani, membeberkan cara untuk mengatasinya. "Biasanya keracunan makanan akan terjadi setelah beberapa jam usai Anda mengonsumsi makanan yang tidak segar," ucapnya kepada Okezone usai acara peluncuran Sealicious The Online Cooking Class Pertama di Indonesia oleh Fiesta Seafood di Jakarta, Rabu (5/4/2014).

Yuk, simak bahan makanan yang bisa dikonsumsi guna mencegah keracunan makanan:

Air kelapa

Bahan makanan yang satu ini memang sudah umum untuk mengobati keracunan makanan. Anda bisa mengonsumsi air kelapa sebab punya fungsi untuk menetralisir racun.

Dalam mengonsumsi air kelapanya pun ada aturannya. Air kelapa sebaiknya tidak diberi es batu karena suhu air kelapa bisa berubah.

"Sel-sel yang ada di dalam air kelapa akan membeku, proses pembuangan racunnya jadi terhambat," tambahnya.

Susu

Jika tak mendapatkan air kelapa, Anda bisa mencari pertolongan pertama dengan mengonsumsi susu. Untuk susunya, cukup dikonsumsi sebanyak 200 ml atau setara dengan satu cangkir.

Chef Winnie menambahkan, Anda tak perlu khawatir bila mengonsumsi susu secara berlebihan. "Minum saja susu apa saja, dingin atau tidak, tapi harus segar, baik susu cair ataupun susu kental manis. Usahakan mengonsumsi susu yang tak memiliki warna alias susu putih," bebernya.

Arang

Mungkin Anda akan terasa aneh karena harus menyantap arang. Penggunaan arang di sini adalah arang yang biasa dipakai untuk memanggang. Memang, mengonsumsi arang berlebihan akan berbahaya karena arang memiliki kadar karbon. Karena arang susah ditemui, ada baiknya siapkan arang untuk selalu ada di dalam tas Anda.

"Cukup dimakan mentah, karena arang itu punya kadar karbon jadinya cukup ampuh dikonsumsi bila mengalami keracunan makanan. Makan sedikit saja," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini